Studi Kasus Orgasme Hanya Menggunakan Pikiran Tanpa Berhubungan Seks

By Ricky Jenihansen, Senin, 11 April 2022 | 14:18 WIB
Berlatih yoga dan meditasi tantra dapat mencapai orgasme dengan pikiran. (Adobe Stock)

Nationalgeographic.co.id—Para ilmuwan melaporkan telah melakukan studi kasus tidak biasa dan belum pernah terjadi sebelumnya. Mereka mempelajari orang-orang yang dapat orgasme hanya menggunakan pikiran mereka. Laporan tersebut diterbitkan di jurnal Sexual Medicine dengan judul "A Case of Female Orgasm Without Genital Stimulation" baru-baru ini.

Dijelaskan, seorang wanita 33 tahun dengan vaginismus melatih dirinya untuk orgasme spontan hanya dengan pikirannya. Vaginismus adalah gangguan di mana otot di sekitar vagina mengencang dengan sendirinya saat penetrasi seksual.

Kondisi tersebut terjadi ketika dasar panggul berkontraksi tanpa disengaja. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa selama seks penetrasi, tetapi itu tidak berarti mereka yang memiliki vaginismus tidak dapat mengalami kenikmatan seksual.

Sementara banyak orgasme wanita dicapai dengan menyentuh zona sensitif seksual, ternyata ada cara lain mendapatkan kegairahan yang sering diabaikan. Selama tidur, misalnya, otak kita dapat membawa kita mengalami orgasme melalui mimpi kita.

Beberapa orang bahkan mengatakan mereka dapat mencapai klimaks hanya dengan berfantasi saat terjaga. Orgasme seperti itu juga sering dilaporkan di antara pria dan wanita lumpuh.

Seperti jalur otak lainnya, lebih mudah untuk mendapatkan hal tersebut dengan latihan. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan yoga dan meditasi tantra dapat meningkatkan gairah seksual, keinginan, dan orgasme dengan memberi perhatian ke pikiran dan tubuh.

Vaginismus menyebabkan rasa sakit yang luar biasa selama seks penetrasi. (Freepik)

Wanita dalam studi kasus kali ini adalah contoh betapa suksesnya pelatihan ini. Setelah satu dekade berlatih yoga tantra, dia membuktikan bahwa dia tidak hanya bisa mencapai orgasme kapan pun dia mau dan hanya dengan pikirannya, dia juga bisa mengontrol durasi keadaan bahagia hingga 10 menit.

Keterampilannya baru-baru ini diuji. Selama percobaan, wanita tersebut diminta untuk berbaring di meja pemeriksaan dan mencapai orgasme selama 10 menit terus menerus, 5 menit orgasme terus menerus atau, sebagai kontrol, 10 menit membaca buku. Orgasme dicapai melalui sentuhan diri atau pikirannya.

Para peneliti dapat secara objektif mengatakan bahwa wanita itu sedang mengalami orgasme karena penanda dalam darahnya yang dikenal sebagai prolaktin. Prolaktin adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pituitari di otak, yang dengan akan melonjak dalam aliran darah setelah orgasme. Besarnya lonjakan ini juga bertepatan dengan seberapa besar kesenangan yang dirasakan orang tersebut.

Peneliti menguji darah peserta sebelum dan sesudah percobaan, para peneliti melihat perubahan yang jelas. Dalam hal ini, tingkat prolaktin wanita melonjak 25 persen setelah 5 menit orgasme yang dirangsang secara non-genital (NGSO), dan 48 persen setelah 10 menit dari orgasme yang tidak dirangsang secara genital.

James G.Pfaus PhD dan rekan dari University in Prague mengatakan, tingkat ini hampir setara dengan tingkat prolaktin wanita setelah orgasme yang dirangsang secara genital (GSO). Sedangkan membaca buku, sementara itu, tidak menyebabkan perubahan pada prolaktin wanita itu sama sekali.