Hubble Temukan Planet yang Terbentuk dengan Cara yang Tidak Biasa

By Wawan Setiawan, Sabtu, 16 April 2022 | 07:00 WIB
Ilustrasi menunjukkan sebuah planet ekstrasurya besar yang baru terbentuk yang disebut AB Aurigae b. Para peneliti menggunakan data baru dan arsip dari Teleskop Luar Angkasa Hubble dan Teleskop Subaru untuk mengonfirmasi bahwa protoplanet ini terbentuk melalui proses yang intens dan keras, yang disebut “ketidakstabilan piringan”. (Reuters)

Nationalgeographic.co.id - Sebuah tim peneliti internasional telah menemukan sebuah planet baru yang begitu muda sehingga belum muncul dari rahim materi tempat ia terbentuk. Ini adalah protoplanet termuda yang ditemukan hingga saat ini. Lokasinya dan pola materi di sekitarnya menunjukkan bahwa metode alternatif pembentukan planet mungkin sedang bekerja. Penemuan ini dapat membantu menjelaskan sejarah dan fitur planet ekstrasurya yang terlihat di sekitar bintang lain.

Temuan ini, yang telah diterbitkan hasilnya di jurnal Nature Astronomy pada 4 April 2022 dengan judul "Images of embedded Jovian planet formation at a wide separation around AB Aurigae", terjadi berkat Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA, yang baru-baru ini menangkap pembentukan protoplanet ini melalui 'proses yang intens dan keras'. Planet ini terbentuk dalam piringan protoplanet dengan struktur spiral berbeda yang berputar mengelilingi sebuah bintang muda yang berusia sekitar 2 juta tahun.

Dalam model standar pembentukan planet, sebuah planet gas besar seperti Jupiter dimulai sebagai inti berbatu dalam piringan protoplanet di sekitar bintang muda. Inti ini kemudian mengumpulkan gas dari piringan, lalu tumbuh menjadi planet raksasa.

Meskipun model ini bekerja dengan baik untuk planet-planet di Tata Surya, model ini mengalami kesulitan menjelaskan eksoplanet yang telah ditemukan di sekitar bintang lain pada jarak yang jauh lebih besar daripada orbit Neptunus, planet terluar tata surya.

Inti berbatu diperkirakan tidak terbentuk jauh dari bintang pusat, sehingga akresi inti tidak dapat mendorong pembentukan planet yang jauh. Satu teori menyatakan bahwa planet-planet terluar terbentuk dekat dengan bintang pusat dan bergerak keluar. Akan tetapi pengamatan baru menggunakan sistem optik adaptif ekstrem yang memungkinkan Teleskop Subaru untuk secara langsung memotret objek samar yang dekat dengan bintang yang lebih terang menunjukkan apa yang tampak sebagai protoplanet dalam proses pembentukan secara langsung pada jarak 93 au, yaitu lebih dari tiga kali jarak antara Matahari dan Neptunus.

Para peneliti dapat secara langsung memotret planet ekstrasurya yang baru terbentuk AB Aurigae b selama rentang 13 tahun menggunakan Space Telescope Imaging Spectrograph (STIS) Hubble dan Near Infrared Camera dan Multi-Object Spectrograph (NICMOS). Di kanan atas, gambar NICMOS Hubble yang diambil pa (NASA, ESA, Thayne Currie, Alyssa Pagan (STScI))

Analisis objek ini, bernama AB Aurigae b. Ia adalah planet yang diklaim sembilan kali lebih besar dari Jupiter. Ia mengorbit bintang induknya pada jarak 8,6 miliar mil. Pada jarak itu, itu akan memakan waktu yang sangat lama.

Para ilmuwan berpendapat bahwa planet ini terbentuk pada jarak yang sangat jauh karena ketidakstabilan piringan. Dan ini bertentangan dengan ekspektasi pembentukan planet oleh model akresi inti yang diterima secara luas.

Untuk analisis, para ilmuwan menggabungkan data dari dua instrumen Hubble: Spektrograf Pencitraan Teleskop Luar Angkasa dan Kamera Inframerah Dekat dan Spektrograf Multi-Objek. Mereka membandingkan data dengan instrumen pencitraan planet canggih yang disebut SCExAO pada Teleskop Subaru 8,2 meter Jepang yang terletak di puncak Mauna Kea, Hawaii.

“Menafsirkan sistem ini sangat menantang. Ini adalah salah satu alasan mengapa kami membutuhkan Hubble untuk proyek ini—gambar yang bersih untuk memisahkan cahaya dari cakram dan planet mana pun dengan lebih baik,” kata Thayne Currie, peneliti utama studi tersebut.

 Baca Juga: Studi Terbaru Ungkap Kejutan Pemanasan Global pada Planet Neptunus

 Baca Juga: Kabar dari Langit, Teleskop Hubble Berhasil Diperbaiki Usai Mati Suri