Jadi Budak di Peradaban Aztec, Dipilih Karena Melakukan Kejahatan

By Hanny Nur Fadhilah, Senin, 25 April 2022 | 12:00 WIB
Budak memegang peringkat terendah dalam masyarakat kelas Aztec. (Ancient Pages)

Nationalgeographic.co.id—Keberadaan bangsa Aztec diketahui ada pada abad ke-14 dan runtuh pada tahun 1519 di Meksiko. Kisah kehidupan peradaban Aztec sangat mencuri perhatian. Terutama pada ritual bangsa Aztec yang mengerikan.

Mulai dari ritual menggunakan tumbal anak untuk datangkan hujan, festival menguliti manusia dan masih banyak lagi. Namun kali ini, bukan membahas perihal ritual tapi bagaimana kehidupan budak di peradaban Aztec.

Tahukah Anda? Seperti kebanyakan peradaban kuno, suku Aztec menggunakan budak untuk berbagai tugas. Namun, catatan sejarah kuno menunjukkan bahwa budak di Kekaisaran Aztec memiliki hak yang jauh lebih luas daripada budak di hampir semua masyarakat lain dalam sejarah manusia.

Perbudakan di Kekaisaran Aztec sangat berbeda dari apa yang didirikan orang Eropa pada periode yang sama di koloni mereka.

Meskipun budak dimiliki dan dianggap sebagai properti oleh suku Aztec, mereka masih memiliki sejumlah hak istimewa.

Menurut hukum Aztec, budak diizinkan untuk memiliki properti mereka sendiri dan banyak yang bisa mencari peluang hukum untuk menjadi bebas. Mendapatkan kebebasan untuk budak sama sekali tidak terdengar di masyarakat Aztec. Ketika tuan mereka meninggal, banyak budak juga memperoleh kebebasan.

     

Baca Juga: Mengenal Mictlan, Dunia Bawah Tanah Orang Mati Kepercayaan Suku Aztec

 Baca Juga: Telisik Penyebab Suku Aztec Musnah, Akibat Salmonella dari Eropa

Baca Juga: Menelisik Uniknya Bahasa Nahuatl, Bahasa yang Digunakan Suku Aztec

 Baca Juga: Kekuatan Xochiquetzal, Dewi Suku Aztec Ubah Pendeta Jadi Kalajengking