Misteri Hilangnya Romulus Pendiri Roma: Dibunuh atau Naik ke Surga?

By Sysilia Tanhati, Selasa, 26 April 2022 | 11:00 WIB
Banyak penulis kuno menggambarkan Romulus sebagai seorang pejuang yang menyalahgunakan kekuasaannya. (Peter Paul Rubens/National Museum Cardiff)

Nationalgeographic.co.id—Kisah Raja Romulus sangat menghibur karena merupakan perpaduan yang tidak biasa antara sejarah kuno dan mitologi. Sentuhan supranatural yang ditambahkan ke cerita ini membuat kisahnya menarik bagi pecinta misteri.

Legenda mengisahkan bahwa kota Roma didirikan pada 21 April 753 SM oleh Romulus dan Remus saudara kembarnya. Namun dalam proses penemuan kota tersebut, kedua saudara itu saling berselisih dan berakhir dengan Remus mati terbunuh.

Romulus akhirnya mengonsolidasikan kekuatannya dan menamakan kota yang ditemukan itu sesuai namanya ‘Roma’.

Bagaimana kepemimpinan Romulus? Apakah ia juga akhirnya terbunuh karena dianggap membahayakan keamanan Romawi?

Romulus sebagai raja

Banyak penulis kuno menggambarkan Romulus sebagai seorang pejuang yang menyalahgunakan kekuasaannya. "Sebagai raja pertama Roma, Romulus menghuni kota barunya dengan pengembara dan penjahat.

Untuk mendapatkan istri, dia menculik wanita dari suku tetangga Sabine. Dia juga dikatakan membentuk dewan penguasa (Senat) dari 100 penasihat dan keturunan mereka menjadi keluarga terkemuka Roma.

Menurut sejarawan Livy, Romawi diperintah oleh raja-raja yang dipilih oleh Senat. Diawali dengan Romulus dan diakhiri dengan Tarquin the Proud, yang ketidakpopulerannya menyebabkan pembentukan republik.

“Romulus membuat banyak keputusan yang membuat marah penduduknya,” ungkap Jan Bartek dilansir dari laman Ancient Pages. Pilihannya untuk membebaskan sandera yang diambil dari Veii, kota Etruscan yang kuat yang dia taklukkan, melemahkan posisi diplomatik Romawi.

Raja Romulus dituduh melakukan pemerintahan tirani di Roma. Pada saat yang sama, dia dengan murah hati memberi orang-orang Alba Longa, kota kuno tempat dia dilahirkan, hak untuk memilih hakim penguasa yang berbeda setiap tahun.

Sang raja juga terkenal karena penilaiannya yang ketat dan terkadang hukuman mati yang kejam. Maka tidak berlebihan untuk berasumsi bahwa banyak orang ingin menyingkirkan pendiri kota Roma itu. Ada banyak teori pembunuhan yang dikemukakan oleh para ahli dan kemungkinan itu benar.

Raja Romulus menghilang secara misterius: dibunuh atau naik ke surga?