Menguak Beragam Misteri Panjang nan Rumit Tentang Sejarah Cokelat

By Agnes Angelros Nevio, Kamis, 28 April 2022 | 14:00 WIB
Mempelajari dan mengenal lebih jauh tentang salah satu santapan ringan paling digemari di dunia: cokelat. (Thinkstockphoto)

Nationalgeographic.co.id—Sejarah cokelat dapat ditelusuri dari bangsa Maya kuno, dan bahkan lebih awal ke Olmec kuno di Meksiko selatan. Kata cokelat mungkin memunculkan gambaran tentang permen manis dan truffle lezat. Akan tetapi cokelat saat ini sangat jauh berbeda dengan cokelat masa lalu. Sepanjang sebagian besar sejarah, cokelat adalah minuman yang dihormati tetapi pahit, bukan makanan manis yang dapat dimakan.

Bagaimana Cokelat Dibuat

Cokelat dibuat dari buah pohon kakao, yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Buahnya disebut polong dan setiap polong berisi sekitar 40 biji kakao. Biji kakao dikeringkan dan dipanggang untuk menghasilkan biji kakao.

“Tidak jelas kapan tepatnya kakao muncul atau siapa yang menciptakannya,” Menurut Hayes Lavis, kurator seni budaya untuk Smithsonian's National Museum of the American Indian, pot dan bejana Olmec kuno dari sekitar 1500 SM ditemukan dengan jejak theobromine, senyawa stimulan yang ditemukan dalam cokelat dan teh.

Diperkirakan suku Olmec menggunakan kakao untuk membuat minuman seremonial. Namun, karena mereka tidak menyimpan sejarah tertulis, pendapat berbeda tentang apakah mereka menggunakan biji kakao dalam ramuan mereka atau hanya ampas dari buah kakao.

Cokelat Maya

Suku Olmec tidak diragukan lagi meneruskan pengetahuan kakao mereka ke suku Maya yang tidak hanya mengonsumsi cokelat, mereka juga menghormatinya. Sejarah tertulis Maya menyebutkan minuman cokelat digunakan dalam perayaan dan untuk menyelesaikan transaksi penting.

Terlepas dari pentingnya cokelat dalam budaya Maya, cokelat tidak diperuntukkan bagi orang kaya dan berkuasa, tetapi tersedia untuk hampir semua orang. Di banyak rumah tangga Maya, cokelat dinikmati setiap kali makan. Cokelat Maya kental dan berbusa dan sering dipadukan dengan cabai, madu, atau air.

Biji Kakao sebagai Mata Uang

Suku Aztec membawa kekaguman cokelat ke tingkat yang lebih tinggi. Mereka percaya kakao diberikan kepada mereka oleh dewa-dewa mereka. Seperti bangsa Maya, mereka menikmati minuman coklat panas atau dingin yang dibumbui dalam wadah berornamen, tetapi mereka juga menggunakan biji kakao sebagai mata uang untuk membeli makanan dan barang-barang lainnya. Dalam budaya Aztec, biji kakao dianggap lebih berharga daripada emas.

Cokelat Aztec sebagian besar merupakan kemewahan kelas atas. Meskipun demikian, kelas bawah kadang-kadang menikmatinya di pesta pernikahan atau perayaan lainnya.

Mungkin pencinta cokelat Aztec yang paling terkenal adalah penguasa Aztec yang perkasa, Montezuma II. Konon, ia meminum segalon cokelat setiap hari untuk energi dan sebagai afrodisiak. Dikisahkan juga bahwa dia memesan beberapa biji kakao untuk militernya.