Semua Jenis Kopi dapat Melindungi dari Infeksi Hepatitis Akut

By Ricky Jenihansen, Kamis, 28 April 2022 | 16:00 WIB
Kopi jenis apapun dikaitkan dengan penurunan risiko infeksi hepatitis akut. (Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id—Penelitian dari ilmuwan di University of Southampton dan the University of Edinburgh menemukan bahwa minum kopi yang berkafein atau tanpa kafein, dikaitkan dengan penurunan risiko mengembangkan dan meninggal akibat penyakit hati kronis. Minum kopi jenis apapun dapat memberi manfaat puncak pada tiga sampai empat cangkir per hari.

Rincian penelitian tersebut telah dipublikasikan di jurnal BMC Public Health. Publikasi tersebut merupakan jurnal akses terbuka yang dapat diakses secara daring dengan judul "All coffee types decrease the risk of adverse clinical outcomes in chronic liver disease: a UK Biobank study."

Seperti diketahui, penyakit hati kronis merupakan masalah kesehatan utama di seluruh dunia. Masalah kesehatan tersebut terutama di negara-negara berpenghasilan rendah hingga menengah dengan beban penyakit yang tinggi dan ketersediaan pengobatan yang terbatas.

Etiologi paling umum dari penyakit hati kronis adalah penyakit hati terkait alkohol, infeksi hepatitis B dan C kronis, dan penyakit hati berlemak non-alkohol. Kondisi ini melibatkan penghancuran dan regenerasi parenkim hati yang menyebabkan fibrosis hati dan kemudian sirosis.

Kopi adalah minuman populer di sebagian besar masyarakat. Ini terdiri dari ratusan senyawa kimia, beberapa di antaranya dianggap memiliki sifat in vivo, termasuk kafein, asam klorogenat, kahweol, dan kafestol.

Hepatitis parah yang tidak diketahui asalnya telah dicatat pada anak-anak di selusin negara di seluruh dunia. (iStockphoto)

Dibandingkan dengan non-peminum kopi, peminum kopi memiliki 49 persen penurunan risiko kematian akibat penyakit hati kronis. (Pixabay)

Konsumsi kopi telah dikaitkan dengan tingkat penyakit hati kronis yang lebih rendah, tetapi sedikit yang diketahui tentang efek dari berbagai jenis kopi. "Tujuan dari penelitian kami adalah untuk menyelidiki hubungan konsumsi kopi, termasuk efek dari jenis kopi yang berbeda. Dan, dengan demikian, komposisi, dengan hasil penyakit hati kronis dalam kohort prospektif yang besar," kata penulis utama Dr. Oliver Kennedy dari Fakultas Kedokteran di University of Southampton dan rekan-rekannya seperti dilansir Sci-news.

Para peneliti menganalisis data UK Biobank pada 495.585 peserta dengan konsumsi kopi yang diketahui, yang diikuti selama rata-rata 10,7 tahun. Tujuannya untuk memantau siapa yang mengembangkan penyakit hati kronis dan kondisi hati terkait.

Dari semua peserta yang termasuk dalam penelitian ini, sekitar 78 persen atau 384.818 orang mengonsumsi kopi bubuk atau kopi instan tanpa kafein atau tanpa kafein. Sementara sekitar 22 persen atau 109.767 orang tidak minum kopi jenis apa pun.

Selama masa studi, ada 3.600 kasus penyakit hati kronis, termasuk 301 kematian. Selain itu, terdapat 5.439 kasus penyakit hati kronis atau steatosis, dan 184 kasus karsinoma hepatoseluler.