Sirrush, Makhluk Mitologi Penjaga Dewa Pelindung Mesopotamia Kuno

By Sysilia Tanhati, Senin, 2 Mei 2022 | 12:05 WIB
Sejarawan mempertanyakan keberadaan Sirrush. Apakah makhluk mitologi ini benar-benar nyata? (Pergamon Museum)

Nationalgeographic.co.id - Sirrush (Mushrush, Mushrushu) adalah makhluk hibrida yang digambarkan di gerbang Ishtar di Babilon. Makhluk ini menyerupai naga atau griffin (singa-rajawali).

Sirrush memiliki kepala seperti ular bertanduk, tubuh ular bersisik, leher panjang, dan ekor panjang. Ekornya juga dipenuhi oleh sisik. Lidahnya panjang bercabang dua seperti ular.

Sirrush memiliki kaki yang tidak biasa. Kaki depan seperti kaki sejenis kucing, mungkin macan tutul atau macan kumbang. Sedangkan kaki belakang yang besar seperti kaki burung, dengan empat jari yang ditutupi sisik.

Nama 'Sirrush' berasal dari kata Akkadia, yang diterjemahkan sebagai 'ular yang luar biasa'. Para peneliti awal kemungkinan besar salah membaca nama dan sejak itu, 'Sirrush' telah digunakan sebagai nama paling umum untuk makhluk ini. Ada juga variasi lain dari namanya seperti Mushussu ('ular ganas'), naga Musrussu, Sirrušu.

Arkeolog Jerman Robert Koldewey, yang menemukan Gerbang Ishtar selama penggaliannya dari tahun 1899 hingga 1917. “Ia yakin bahwa 'Sirush' benar-benar ada,” tutur A. Sutherland dilansir dari laman Ancient Pages.

Dia berpendapat bahwa dalam hal keseragaman konsep fisiologisnya, 'Sirrush' secara signifikan melampaui semua makhluk legendaris lainnya.

Fakta bahwa 'Sirrushi' digambarkan di sebelah hewan nyata (misalnya singa), menurut Koldewey, membuktikan bahwa orang Babilonia akrab dengan makhluk ini. Ini disebutkan dalam mitologi Mesopotamia kuno.

Satu teori menyatakan bahwa orang Babilonia dapat meniru penampakan Sirrush dari sisa-sisa kadal prasejarah. Terutama karena hewan tersebut menyerupai biawak yang mungkin sudah dikenal oleh orang Mesopotamia.

Telah berteori bahwa penampilan Sirrush diciptakan berdasarkan cerita kuno tentang binatang yang tidak hidup di Mesopotamia.

Menurut sumber tertulis, Sirrush pada awalnya adalah hewan Ninazu, dewa kota Eshnunna, sebuah kota Mesopotamia kuno.

Pada zaman Akkadia atau Babilonia awal (abad ke-18 SM), hewan hibrida mitologis yang fantastis ini terkait dengan dewa Tishpak. Dewa inilah yang menggantikan dewa penjaga kota dengan Sirrush. Di Lagash, di sisi lain, ia mulai dikaitkan dengan putra Ninazu, dewa Ningishida.

Salah satu dewa Babilonia-Asyur yang paling penting, Nabu, dikatakan sebagai penjaga roh nasib bangsa Babilonia dan Asyur kuno.