Pertemuan Dua Wanita Ikonik: Marilyn Monroe dan Ratu Elizabeth II

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Minggu, 8 Mei 2022 | 10:00 WIB
Marilyn Monroe bertemu dengan Ratu Elizabeth II di acara Royal Command Performance di Empire Theatre, London, Inggris. (Keystone/Getty Images)

Nationalgeographic.co.id - Pada musim panas 1956, Marilyn Monroe, artis yang menjadi simbol perubahan sikap seksualitas itu datang ke Inggris. Dia menghabiskan empat bulan di sana bersama Arthur Miller, suaminya, untuk syuting film "The Prince and the Showgirl" yang juga dibintangi Sir Laurence Olivier.

Ternyata, kedatangannya ke Inggris itu ada maksud lain tersendiri bagi Monroe, dia ingin bertemu dengan Ratu Elizabeth II. Menurut Michelle Morgan sutradara dan penulis buku When Marilyn Met the Queen, ketertarikan Monroe dengan Ratu tumbuh selama dia tinggal di Englefield Green yang hanya berjarak enam kilometer dari  Windsor Castle, Berkshire, Inggris.

"Mimpinya adalah minum teh di Buckingham Palace, dan humas Alan Arnold menemukan permintaan itu dalam daftar tugas hariannya," tulis Morgan dalam bukunya.

Pertemuan dua perempuan fenomenal itu baru ada ketika di penghujung perjalanannya ke Inggris pada 29 Oktober 1956. Saat itu Monroe diundang untuk menghadiri acara Royal Command Performance di Empire Theatre di Leicester Square, London, bersama beberapa artis paling terkenal pada masanya.

Baca Juga: Perubahan-perubahan Dramatis di Masa Kepemimpinan Ratu Elizabeth II

Baca Juga: Kisah Pilu Aktris di Zaman Romawi, Sering Diperlakukan sebagai Pelacur

Baca Juga: Roekiah, Aktris Sohor dan Ikon Kecantikan Pribumi di Akhir Kolonial

Sebenarnya, menjelang acara, penyelenggara meminta semua artis perempuan yang akan hadir agar berpakaian yang sesuai dengan protokol kerajaan. Karena lingkungan kerajaan sangat konservatif, para artis tidak boleh mengenakan gaun dengan potongan yang sangat rendah di bagian dada.

"Para pejabat mungkin telah menginstruksikan para hadirin perempuan untuk berpakaian konservatif, tetapi gaun yang dipilih Marilyn untuk bertemu Ratu Elizabeth II tidak seperti yang mereka pikirkan," ungkap Morgan disadur dari People.

Pada hari acara itu dimulai, Monroe telah bersiap-siap dengan menghabiskan waktu berjam-jam. Dia keluar di depan teater malam itu dan disorot kamera.

Rupanya, ia menggunakan gaun yang sangat ketat dengan potongan yang sangat rendah hingga bagian atas payudaranya terekspos. Gaun itu terbuat dari bahan lamé berwarna emas yang panjangnya sampai ke lantai, dan dilengkapi  tali spageti di bagian bahu. 

Begitu berada di dalam teater, Monroe bergabung dengan aktor lain di barisan penerima saat mereka menunggu kedatangan Ratu.