Melawan Teori Evolusi, Mengapa Penuaan pada Kura-Kura Sangat Lambat?

By Ricky Jenihansen, Minggu, 26 Juni 2022 | 16:00 WIB
Tidak seperti pada manusia, penuaan pada kura-kura sangat lambat bahkan membaik. (Pinterest)

Nationalgeographic.co.id - Jika dalam teori evolusi, semua organisme diprediksi akan menjadi semakin lemah dan memburuk seiring bertambahnya usia dan akhirnya mati, maka proses yang dikenal sebagai penuaan itu sepertinya tidak berlaku pada kura-kura. Lantas mengapa teori evolusi tidak sesuai dengan kura-kura?

Kura-kura bahkan tidak hanya menunjukan penuaan yang lebih lambat, tetapi juga bahkan dapat kehidupannya dapat membaik. Laporan studi ini telah dipublikasikan di jurnal Science dengan judul "Slow and negligible senescence among testudines challenges evolutionary theories of senescence" belum lama ini.

Umumnya, semua organisme hidup menua dan mati. Tidak ada cara untuk lolos dari kematian. Namun tidak semua organisme mengikuti pola yang sama dari melemahnya dan memburuknya usia, kemudian menjadi tua dan mati. Kondisinya kontra-intuitif seperti yang terlihat.

"Berlawanan dengan teori penuaan yang tersebar luas, kami menunjukkan bahwa banyak spesies penyu dan kura-kura telah menemukan cara untuk memperlambat atau bahkan sepenuhnya mematikan penuaan," kata ahli biologi Rita da Silva dalam rilis media University of Southern Denmark.

"Ini berarti bahwa penuaan tidak dapat dihindari untuk semua organisme."

Studi ini menemukan, bahwa pola penuaan pada kura-kura dan penyu tidak menyerupai manusia atau hewan lain. Faktanya, kebanyakan dari kura-kura menua lebih lambat dan dalam beberapa kasus penuaan mereka dapat diabaikan.

Skema tingkat penuaan pada beberapa spesies kura-kura. (Andrew A. Farke)

Rekan penulis, Dalia Conde bahkan mengungkapkan bahwa mereka menemukan beberapa spesies kura-kura bahkan dapat mengurangi tingkat penuaan mereka sebagai respons terhadap peningkatan kondisi kehidupan di kebun binatang dan akuarium, dibandingkan dengan di alam liar. Conde merupakan profesor di Departemen Biologi, University of Southern Denmark.

Tingkat penuaan nol berarti bahwa risiko kematian tidak meningkat seiring bertambahnya usia pada kura-kura raksasa Aldabra (Aldabrachelys gigantea). Tingkat yang lebih rendah dari nol berarti risiko kematian menurun seiring bertambahnya usia pada penyu rawa hitam (Siebenrockiella crassicollis).

Sementara pada manusia sama seperti kura-kura Mesir (Testudo kleinmanni), tingkat penuaan lebih tinggi dari nol yang berarti risiko kematian meningkat seiring bertambahnya usia.

Teori evolusi memprediksi bahwa penuaan muncul setelah kematangan seksual sebagai pertukaran antara energi yang diinvestasikan individu dalam memperbaiki kerusakan pada sel dan jaringannya, dan energi yang diinvestasikan dalam reproduksi, sehingga gennya diturunkan ke generasi berikutnya.

 Baca Juga: Singkap Evolusi, Inilah Alasan Sebenarnya Kura-kura Memiliki Tempurung