Mikroba Akuifer Gelap Gulita Ini Hidup Tanpa Bantuan Sinar Matahari

By Wawan Setiawan, Sabtu, 9 Juli 2022 | 13:00 WIB
Penulis pertama studi Dr Will Overholt dan penulis senior Prof Kirsten Küsel mengambil sampel. (Friedrich-Schiller-University Jena)

Nationalgeographic.co.id - Habitat darat dan laut telah dianggap sebagai ekosistem dengan produksi primer tertinggi di bumi sejauh ini, yaitu konversi karbon anorganik menjadi organik.

Ganggang mikroskopis di lapisan atas lautan dan tanaman di darat mengikat karbon atmosfer (CO2) dan menghasilkan bahan tanaman yang didorong oleh fotosintesis. Di mana matahari yang menyediakan energinya. Karena sinar matahari tidak menembus ke bawah permukaan, maka hampir tidak ada produksi primer seperti itu yang diharapkan. Begitulah teorinya.

Namun, analisis genetik mikroorganisme dalam air tanah telah menunjukkan bahwa bahkan di sini banyak mikroorganisme yang mampu berproduksi primer. Dengan tidak adanya cahaya, mereka harus memperoleh energi dari pengoksidasi senyawa anorganik, seperti dari belerang tereduksi dari batuan sekitarnya. Akan tetapi, peran produsen primer di bawah permukaan belum pernah dikonfirmasi sebelumnya.

Air tanah adalah salah satu sumber air minum bersih kita yang paling penting. Lingkungan air tanah dari akuifer karbonat saja, yang menjadi fokus penelitian, menyediakan sekitar sepuluh persen dari air minum dunia. Dengan pemikiran ini, para peneliti melakukan pengukuran fiksasi karbon mikroorganisme mikroba dalam akuifer bawah permukaan yaitu 5 hingga 90 meter di bawah tanah.

"Tingkat yang kami ukur jauh lebih tinggi daripada yang kami perkirakan," kata penulis pertama studi tersebut Dr. Will Overholt, Peneliti pascadoktoral di Universitas Friedrich Schiller Jena. "Mereka sama dengan tingkat fiksasi karbon yang diukur di perairan permukaan laut yang miskin nutrisi dan hingga enam kali lipat lebih besar daripada yang diamati di zona bawah laut terbuka yang diterangi matahari, di mana hanya ada cukup cahaya untuk fotosintesis."

Berdasarkan tingkat fiksasi karbon yang diukur, para peneliti secara konservatif mengekstrapolasi produksi primer global dalam air tanah karbonat menjadi 110 juta metrik ton karbon per tahun. Secara kolektif, produktivitas primer bersih sekitar 66 persen dari reservoir air tanah di planet ini akan berjumlah 260 juta metrik ton karbon per tahun. Ini berarti kira-kira 0,5 persen dari sistem kelautan dan 0,25 persen dari perkiraan produksi primer bersih global.

Penelitian lain dalam upaya pencarian kehidupan di kedalaman Bumi menemukan kimberlites, yaitu batuan kompleks yang muncul ke permukaan bumi dari kedalaman yang sangat dalam. Gambar menunjukkan bagian tipis kimberlit yang kaya akan karbonat. (David Swart / Messengers of the Mantle)

"Ini mungkin terdengar kecil tetapi pengukuran ini hanya mewakili perkiraan pertama kami tentang nilai global yang sebenarnya," kata penulis senior Prof. Kirsten Küsel dari University of Jena dan iDiv. "Karena sangat sedikit energi yang tersedia di habitat yang miskin nutrisi dan gelap secara permanen ini, bahkan sebagian kecil dari produksi primer global adalah kejutan."

 Baca Juga: Spesies Bakteri yang Amat Tangguh Ditemukan, Bisa Berkembang di Beton

 Baca Juga: Dari Tempat Pembuangan Sampah, Ilmuwan Temukan Mikroorganisme Pengurai Plastik

 Baca Juga: Penghuni Laut Terdalam di Bumi Teridentifikasi Mengandung Radioaktif

Para peneliti juga berusaha mengidentifikasi mikroorganisme yang bertanggung jawab untuk memperbaiki karbon dan menghasilkan biomassa baru di dalam akuifer.