Belajar di Akademia, Pusat Pendidikan Yunani Kuno oleh Plato

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Minggu, 10 Juli 2022 | 14:00 WIB
Simposium Plato, oleh Anselm Feuerbach (1829-1880). Kegiatan mengajarnya kerap diadakan di lingkungan Akademia, di luar gerbang utara kota Athena. (Greek Reporter)

Nationalgeographic.co.id - Sekitar usia 20, Plato mulai belajar dengan Socrates. Saat itu, Plato hanyalah pemuda yang ingin berkontribusi untuk masyarakat, dan berpikir untuk berkarir di bidang politik. Akan tetapi keinginan itu ia urungkan karena melihat pemerintahan Athena tidak adil dan korup.

Sempat Plato menyambut Tiga Puluh Tiran yang menumbangkan pemerintahan kota peradaban Yunani kuno yang lalim itu. Lagi-lagi, kelompok oligarki itu hanya menimbulkan kekecewaan pada Plato. Ditambah di usianya 28 tahun, Socrates tidak hanya seorang mentornya, tetapi juga teman, dieksekusi minum racun atas tuduhan ketidaksopanan yang dibuat-buat.

"Plato menyimpulkan bahwa masalah politik tidak akan pernah berhenti sampai baik filsuf jadi penguasa atau penguasa jadi filsuf," terang Donald Robertson, ahli filsafat klasik Romawi dan Yunani kuno. Dia menulisnya di Plato's Academy Centre.

"Singkatnya, ini adalah gagasan terkenal Plato tentang apa yang disebut 'raja filsuf'. Dalam pandangannya, hanya seorang penguasa yang terdidik dengan baik, yang memahami sifat sejati kebaikan dan keadilan, yang akan memiliki sudut pandang yang benar dari mana dia dapat memerintah dengan baik," lanjutnya.

Setelah berkelana dan berhubungan dengan anggota sekolah filosofis lain seperti murid-murid Pythagoras di Italia, ia mulai membangun sekolah filsafatnya sendiri. Namanya adalah Akademia yang berada di taman atau hutan luar gerbang utara Athena, sehingga nama lengkapnya adalah Park Academy.

"Merupakan hal umum buat para filsuf untuk bertemu di taman umum Athena, terutama yang memiliki gimnasia, untuk terlibat dalam diskusi," jelas Robertson. "Kaum Sofis, juga, akan menggunakan ruang publik tersebut untuk memberikan pidato, menampilkan keterampilan retorika mereka, dan mencari siswa."

Akademia berdiri di tahun 387 SM saat Plato berusia 41 tahun setelah kembali dari Italia selatan. Taman dan rumah di dalamnya dibeli olehnya. Fasilitasnya tidak hanya sekolah dan pusat kegiatan pribadinya termasuk rumah, tetapi juga tempat pesta minum dan dialog filosofis dilakukan.

Baca Juga: Kenang Jasa Plato bagi Sejarah Pemikiran dan Ilmu Pengetahuan

Baca Juga: Menyelami Filsafat Cinta dari Plato Pada Simposiumnya di Athena

Baca Juga: Aristoteles di Yunani dan Nasibnya karena Kedekatan dengan Makedonia

Baca Juga: Temuan Alat Selam Diving Bell oleh Aristoteles untuk Alexander Agung

Plato juga mendirikan kuil untuk sembilan Musai. Dalam mitologi Yunani, awalnya ada tiga Musai yang merupakan anak Zeus dari perselingkuhan dengan seorang Titan bernama Mnemosyne. Musai ini adalah dewi pembelajaran, pendidikan, dan sastra. Tempat persembahan sembilan Musai adalah hal yang umum di lingkungan pendidikan Yunani kuno.