Ilmuwan Mengidentifikasi Kawah Asal Meteorit Planet Mars yang Terkenal

By Ricky Jenihansen, Senin, 18 Juli 2022 | 16:00 WIB
Ilmuwan planet telah mengidentifikasi asal meteorit Mars Northwest Africa (NWA) 7034, yang lebih dikenal sebagai 'Black Beauty'. (NASA)

Nationalgeographic.co.id—Peneliti planet dari Space Science and Technology Centre di Curtin University telah mengidentifikasi kawah asal meteorit Mars yang terkenal. Analisis mereka menunjukan asal meteorit Mars Northwest Africa (NWA) 7034, yang lebih dikenal sebagai 'Black Beauty'.

Menurut identifikasi mereka, meteorit itu berasal dari kawah di timur laut Provinsi Terra Cimmeria-Sirenum di selatan belahan planet Mars. Meteorit tersebut keluar antara 5 dan 10 miliom tahun yang lalu sebelum mencapai Bumi.

Laporan lengkap studi ini diterbitkan di jurnal Nature Communications dengan judul "Early crustal processes revealed by the ejection site of the oldest martian meteorite" belum lama ini. Publikasi tersebut merupakan akses terbuka yang dapat diperoleh secara daring.

Seperti diketahui, NWA 7034 atau 'Black Beauty'  dengan berat sekitar 320 gram adalah breksi regolit dari Mars  yang ditemukan di gurun Sahara Maroko pada tahun 2011. NWA 7034 berisi materi beku Mars tertua yang pernah ada, berusia sekitar 4,5 miliar tahun.

"Black Beauty adalah satu-satunya sampel breksiasi (zona hancuran) Mars yang tersedia di Bumi, yang berarti mengandung fragmen sudut dari beberapa jenis batuan yang disemen bersama yang berbeda dari semua meteorit Mars lainnya yang mengandung jenis batuan tunggal," kata Anthony Lagain, peneliti Space Science and Technology Centre di Curtin University.

Kesan seniman tentang tempat asteroid menabrak permukaan Mars 5-10 juta tahun yang lalu. (Curtin University)

Untuk pertama kalinya, katanya, mereka dapat mengetahui konteks geologis dari satu-satunya sampel breksiasi Mars yang tersedia di Bumi.

"10 tahun sebelum misi Pengembalian Sampel Mars NASA diatur untuk mengirim kembali sampel yang dikumpulkan oleh penjelajah Perseverance yang saat ini menjelajahi kawah Jezero."

Lagain dan rekan menganalisis volume gambar planet beresolusi tinggi yang sangat besar melalui algoritme pembelajaran mesin untuk mendeteksi kawah tumbukan. Mereka menggunakan superkomputer di Pawsey Supercomputing Research Centre, dan Curtin HIVE (Hub for Immersive Visualization and eResearch).

Distribusi sumber kawah yang paling mungkin untuk meteorit Mars. (Curtin University)

Mereka menemukan bahwa NWA 7034 merupakan milik endapan ejecta kawah Khujirt yang terbentuk 1,5 miliar tahun yang lalu. Meteor itu kemudian terlontar sebagai akibat dari pembentukan kawah Karratha sekitar 5-10 juta tahun yang lalu.

"Menemukan wilayah di mana meteorit 'Black Beauty' berasal sangat penting karena mengandung fragmen Mars tertua yang pernah ditemukan, berusia 4,48 miliar tahun," kata Lagain.