Selidik Fungsi Sungai di Asia hingga Eropa: Tempat Lahirnya Peradaban

By Utomo Priyambodo, Sabtu, 16 Juli 2022 | 10:00 WIB
Sungai Gangga. (Amit Gaur/Unsplash)

Nationalgeographic.co.id—Sungai selalu penting bagi manusia. Pada zaman prasejarah, orang-orang menetap di sepanjang tepi sungai. Di sana mereka menemukan ikan untuk dimakan dan air untuk minum, memasak, dan mandi.

Belakangan, orang-orang mengetahui bahwa tanah subur di sepanjang sungai baik untuk bercocok tanam. Peradaban besar pertama di dunia muncul di dataran banjir subur Sungai Nil di Mesir, Indus di Asia selatan, Tigris dan Efrat di Timur Tengah, dan Huang (Kuning) di Tiongkok.

Berabad-abad kemudian, sungai menyediakan rute untuk perdagangan, eksplorasi, dan permukiman. Sungai Volga di Eropa Timur memungkinkan budaya Skandinavia dan Rusia, di dekat sumber sungai, untuk memperdagangkan barang dan gagasan dengan budaya Persia, di dekat muara Volga di Eropa selatan. Sungai Hudson di AS dinamai penjelajah Inggris Henry Hudson, yang menggunakan sungai untuk menjelajahi apa yang kemudian menjadi Dunia Baru.

Ketika kota dan industri berkembang, air sungai yang deras memasok listrik untuk mengoperasikan mesin. Ratusan pembangkit listrik mengoperasikan pabrik yang ditenagai oleh Sungai Thames di Inggris, Mississippi di Amerika Serikat, dan Ruhr di Jerman.

Sungai tetap penting hari ini. Jika Anda melihat peta dunia, Anda akan melihat bahwa banyak kota terkenal berada di tepi sungai. Kota-kota sungai besar termasuk New York City, New York; Buenos Aires, Argentina; London, Inggris; Kairo, Mesir; Kolkata, India; dan Shanghai, Tiongkok.

Faktanya, sungai biasanya merupakan bagian tertua dari kota. Paris, Prancis, misalnya, dinamai menurut orang-orang Zaman Besi yang dikenal sebagai Parisii, yang tinggal di pulau-pulau dan tepi Sungai Seine, yang mengalir melalui kota itu.

Sungai terus menyediakan jalur transportasi, air untuk minum dan mengairi lahan pertanian, dan listrik untuk rumah dan industri. Berikut ini fungsi-fungsi sungai di Asia hingga Eropa, sebagaimana dicatat National Geographic.

Baca Juga: Sepuluh Sungai Terpanjang Dunia: Mana yang Airnya Masih Mengalir Bebas

Baca Juga: Memahami Anatomi dan Karakteristik Sungai Dunia serta Alirannya

Baca Juga: Hari Sungai Nasional Berawal dari Peraturan Pemerintah tentang Sungai

Sungai-sungai Asia

Sungai terpanjang dan terpenting di Asia adalah Yangtze, di Tiongkok. Mengalir dari Pegunungan Dangla, antara Tibet dan provinsi Qinghai Tiongkok. Bermuara di Laut Cina Timur 6.300 kilometer kemudian. Yangtze adalah jalan raya air untuk perdagangan yang melalui negara terpadat di dunia.