Para Astronom Temukan Sistem Tiga Bintang yang Masif dan Kompak

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 23 Juli 2022 | 09:00 WIB
Impresi seniman tentang sistem tiga bintang yang masif dan kompak. (L. Calçada / ESO)

Nationalgeographic.co.id—Pada awal tahun ini, deteksi sistem "satu-satunya" yang luar biasa kompak diumumkan. Sekarang, para astronom mempelajari bagaimana kombinasi unik tersebut dari kumpulan bintang biner dan bintang besar yang berputar ini dapat terbentuk.

Pembentukan bintang tersier dalam skala besar, sistem bintang terdiri dari sekumpulan bintang biner. Dua bintang yang mengorbit satu sama lain dan kemudian satu bintang yang lebih masif mengorbit biner. Penelitian ini merupakan kolaborasi dua peneliti muda di Niels Bohr Institute at the University of Copenhagen.

"Sejauh yang kami tahu, ini adalah yang pertama dari jenisnya yang pernah terdeteksi," kata Alejandro Vigna-Gomez, astronom dari Niels Bohr Institute di University of Copenhagen dan rilis media.

Hasil studi ini telah diterbitkan di Monthly Notices of the Royal Astronomical Society Letters belum lama ini. Jurnal tersebut dapat diperoleh daring dengan judul "Mergers prompted by dynamics in compact, multiple-star systems: a stellar-reduction case for the massive triple TIC 470710327."

"Kami tahu banyak sistem bintang tersier (sistem bintang tiga), tetapi mereka biasanya secara signifikan kurang masif. Bintang-bintang masif dalam rangkap tiga ini sangat berdekatan, ini adalah sistem yang kompak."

Peneliti mengatakan, periode orbit sistem biner ini sama dengan periode rotasi Bumi, yaitu satu hari. Massa gabungan keduanya adalah 12 kali massa Matahari kita, jadi bintang yang agak besar.

"Bintang tersier kira-kira 16 kali massa Matahari kita, jadi lebih besar. Orbit bagian dalam berbentuk lingkaran dengan hampir enam putaran bintang tersier di sekitar biner per tahun," kata peneliti.

Cukup cepat, peneliti menjelaskan, ketika Anda mempertimbangkan ukurannya, tidak mengherankan, sistemnya sangat bercahaya. "Jadi pada awalnya mereka terdeteksi sebagai bintang biner."

Perlu diketahui, penemuan bintang ini merupakan hasil dedikasi astronom amatir. Penemuan awal tentang sifat unik dari sistem yang sangat istimewa ini juga istimewa karena dibuat oleh para astronom amatir.

Sebuah komunitas astronom amatir, yang sedang menelusuri kumpulan data publik dari observatorium TESS NASA (Transiting Exoplanet Survey Satellite). Mereka menemukan sesuatu yang sedikit tidak biasa.

Interpretasi seniman tentang sistem bintang empat yang terletak 150 tahun cahaya di konstelasi TW Hydrae. (NASA/JPL-Caltech/UCLA)

Tingkat profesionalisme bisa sangat tinggi di kalangan amatir. Dan mereka membuat astronom profesional menyadari anomali dalam pendeteksian. Ternyata yang sebelumnya diyakini dua bintang, ternyata tiga.