Dua Pertiga Spesies di Perdagangan Sirip Hiu Global Terancam Punah

By Wawan Setiawan, Minggu, 24 Juli 2022 | 12:00 WIB
Perdagangan sirip hiu global menempatkan hiu berada dalam risiko kepunahan, menurut studi baru. (Stan Shea)

Nationalgeographic.co.id - Lebih dari 70 persen spesies hiu berakhir dalam perdagangan sirip hiu global. Tentu saja kondisi ini menempatkan hiu berada dalam risiko kepunahan. Hiu yang hidup lebih dekat dengan garis pantai kita mungkin menjadi perhatian konservasi terbesar, menurut penelitian baru.

Sebuah tim ilmuwan internasional dari AS dan Tiongkok mengambil sampel 9.820 potongan sirip dari pasar di Hongkong, salah satu pusat perdagangan sirip hiu terbesar di dunia. Dengan sedikit kerja detektif DNA, mereka mengungkap misteri sirip milik spesies apa. Secara total, mereka menemukan 86 spesies hiu yang berbeda dan kerabatnya pari dan chimera. Enam puluh satu dari mereka, lebih dari dua pertiga, terancam punah.

Hasil penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Conservation Letters pada 11 Juli dengan judul "Two thirds of species in a global shark fin trade hub are threatened with extinction: Conservation potential of international trade regulations for coastal sharks." Hasil studi baru ini menunjukkan spesies dalam perdagangan ini jauh lebih mungkin berada dalam kategori terancam.

"Penangkapan ikan berlebihan kemungkinan besar merupakan penyebab langsung dari penurunan tren yang kita lihat pada populasi hiu dan pari di seluruh dunia. Fakta bahwa kita menemukan begitu banyak spesies yang terancam punah dalam perdagangan sirip hiu global adalah tanda peringatan yang memberitahu kita bahwa perdagangan imternasional mungkin menjadi pendorong utama penangkapan ikan yang tidak berkelanjutan," kata Diego Cardeñosa, peneliti pascadoktoral Florida International University (FIU) dan penulis utama studi tersebut.

Daftar Merah Spesies Terancam Punah International Union for the Conservation of Nature (IUCN) menilai hiu dan kerabatnya pada tahun 2021 dan menemukan sekitar sepertiga dari semua spesies terancam.

Peneliti postdoctoral FIU Diego Cardeñosa dengan hiasan sirip. (Stan Shea)

Selama hampir satu dekade, Dr. Demian Chapman telah memimpin tim kolaboratif, termasuk Cardeñosa, untuk melacak dan memantau perdagangan sirip hiu global. Sampai saat ini, mereka telah melakukan tes DNA pada sekitar 10.000 potongan kecil yang diambil dari sirip impor yang dijual di pasar di Hongkong dan Tiongkok Selatan.

Studi ini menemukan spesies umum yang berakhir dalam perdagangan sirip adalah hiu laut terbuka, atau pelagis, seperti hiu biru dan hiu sutra. Namun, jumlah terbesar spesies dalam perdagangan yang paling umum hidup di daerah pesisir, termasuk hiu blacktip, dusky, spinner, dan sandbar. Para peneliti memperingatkan tanpa pengelolaan banyak spesies pesisir bisa saja punah.

"Beberapa negara melindungi atau menangkap hiu secara berkelanjutan dan kerabatnya, tetapi sebagian besar tidak karena berbagai alasan," kata Chapman. “Cukup banyak hiu pantai yang kami temukan dalam perdagangan terdaftar sebagai terancam punah atau sangat terancam punah. Namun tidak ada peraturan yang melindungi mereka. Kecuali jika pemerintah terkait segera merespons dengan manajemen, kita kemungkinan akan mengalami gelombang kepunahan di antara hiu dan pari pesisir."

 Baca Juga: Hiu Tercepat di Dunia Masuk Dalam Daftar 17 Spesies yang Terancam Punah

 Baca Juga: Dijuluki Predator Ganas, Hiu Macan Berjasa Menjaga Ekosistem Laut

 Baca Juga: Ahli Biologi Selamatkan Bayi Hiu yang Belum Lahir di Pasar Ikan