Potret Tersembunyi Vincent van Gogh Terungkap Berkat Citra Sinar-X

By Wawan Setiawan, Minggu, 31 Juli 2022 | 09:00 WIB
Kurator senior Frances Fowle dengan lukisan berjudul ‘Head of a Peasant Woman’. (National Galleries of Scotland)

Nationalgeographic.co.id - Potret diri seniman abad ke-19 yang belum pernah dilihat sebelumnya telah ditemukan menggunakan pencitraan sinar-X. Salah satu seniman paling terkenal dan berpengaruh sepanjang masa, Vincent van Gogh berada di balik banyak lukisan paling terkenal di dunia seperti "Sunflowers" dan "The Starry Night".

Namun, sekarang, jumlah karya yang dikaitkan dengan seniman Belanda itu bertambah satu berkat penemuan lukisan yang sama sekali baru yang tersembunyi di balik karya yang berjudul "Head of a Peasant Woman".

Sebuah potret diri yang sebelumnya tidak diketahui oleh Vincent van Gogh telah ditemukan tersembunyi di belakang lukisan lain. Para ahli di Galeri Nasional Skotlandia membuat penemuan itu ketika kanvas itu dirontgen sebelum memajang lukisan itu di sebuah pameran. Potret diri yang tersembunyi itu ditutupi lapisan lem dan karton di bagian belakang karya sebelumnya yang berjudul Head of a Peasant Woman.

Konservator senior galeri Lesley Stevenson mengatakan dia merasa “terkejut" menemukan seniman itu "memandang kita".

"Ketika kami melihat sinar-X untuk pertama kalinya, tentu saja kami sangat senang," kata konservator senior Lesley Stevenson. "Ini adalah penemuan yang signifikan karena menambah apa yang sudah kita ketahui tentang kehidupan Van Gogh."

Potret diri tersembunyi di bawah lem dan karton. (National Galleries of Scotland)

Seniman Belanda sering menggunakan kembali kanvas untuk menghemat uang, membaliknya dan kemudian bekerja di sisi lain. Karyanya tidak laku selama hidupnya dan ketenarannya baru muncul setelah kematiannya pada tahun 1890, pada usia 37 tahun.

Van Gogh menjadi salah satu tokoh paling terkenal dan berpengaruh dalam sejarah seni Barat.

Lukisan berjudul “Head of a Peasant Woman” masuk ke dalam koleksi Galeri Nasional Skotlandia (NGS) pada tahun 1960, sebagai bagian dari hadiah yang diberikan oleh seorang pengacara terkemuka Edinburgh. Ini menunjukkan seorang wanita lokal dari kota Nuenen di selatan Belanda, tempat sang seniman tinggal dari Desember 1883 hingga November 1885.

Diperkirakan bahwa van Gogh kemudian melukis potret diri di sisi lain pada momen penting dalam karirnya, setelah ia pindah ke Paris dan terkena karya impresionis Prancis. Sekitar 15 tahun setelah kematiannya, lukisan Head of a Peasant Woman dipinjamkan ke sebuah pameran di Museum Stedelijk, Amsterdam. Diyakini bahwa saat itulah kanvas ditempelkan di atas karton sebelum dibingkai.

Tampaknya Head of a Peasant Woman dianggap lebih "selesai" daripada potret dirinya di sisi lain.

 Baca Juga: Menyaksikan Sejarah Alam Gunung Merapi dari Pelukis ke Pelukis