Perang Dunia I Adalah Alasan Signifikan Jatuhnya Kekaisaran Utsmaniyah

By Ricky Jenihansen, Senin, 1 Agustus 2022 | 10:00 WIB
berpihak pada Jerman dalam Perang Dunia I mungkin merupakan alasan paling signifikan atas runtuhnya Kekaisaran Utsmaniyah. (History)

Nationalgeographic.co.id—Pada puncaknya pada tahun 1500-an, Kekaisaran Utsmaniyah atau Ottoman adalah salah satu kekuatan militer dan ekonomi terbesar di dunia. Imperium mengendalikan wilayah yang tidak hanya mencakup basisnya di Asia Kecil tetapi juga sebagian besar Eropa tenggara, Timur Tengah, dan Afrika Utara.

Kekaisaran menguasai wilayah yang membentang dari Danube ke Sungai Nil. Kekuasaan tersebut didukung dengan militer yang kuat, perdagangan yang menguntungkan, dan pencapaian yang mengesankan di berbagai bidang mulai dari arsitektur hingga astronomi.

Namun kejayaan tersebut tidak bertahan lama. Meskipun Kekaisaran Utsmaniyahn bertahan selama 600 tahun, tapi pada akhirnya menyerah pada apa yang kebanyakan sejarawan gambarkan sebagai penurunan yang panjang dan lambat.

Meskipun ada upaya untuk memodernisasi. Akhirnya, setelah berperang di pihak Jerman dalam Perang Dunia I dan menderita kekalahan, kekaisaran dilucuti oleh perjanjian dan berakhir pada tahun 1922.

Ketika Sultan Utsmaniyah terakhir, Mehmed VI digulingkan dan meninggalkan ibu kota Konstantinopel (sekarang Istanbul) menggunakan kapal perang Inggris. Dari sisa-sisa Kekaisaran Utsmaniyah muncul negara modern Turki.

Meski ada banyak faktor menurut sejarawan yang menyebabkan runtuhnya Kekaisaran Utsmaniyah. Para sejarawan memang tidak sepenuhnya setuju dengan berbagai faktor tersebut. Tapi mereka sepakat, berpihak pada Jerman dalam Perang Dunia I mungkin merupakan alasan paling signifikan atas runtuhnya Kekaisaran Utsmaniyah.

Imperium mengendalikan wilayah yang tidak hanya mencakup basisnya di Asia Kecil tetapi juga sebagian besar Eropa tenggara, Timur Tengah, dan Afrika Utara. (Shutterstock)

Sebelum perang, Kekaisaran Utsmaniyah telah menandatangani perjanjian rahasia dengan Jerman, yang ternyata merupakan pilihan yang sangat buruk.

Dalam konflik berikutnya, tentara kekaisaran melakukan kampanye brutal dan berdarah di semenanjung Gallipoli untuk melindungi Konstantinopel dari invasi pasukan Sekutu pada tahun 1915 dan 1916.

Pada akhirnya, kekaisaran kehilangan hampir setengah juta tentara, kebanyakan dari mereka karena penyakit. Ditambah sekitar 3,8 juta lebih yang terluka atau jatuh sakit. Pada Oktober 1918, kekaisaran menandatangani gencatan senjata dengan Inggris Raya, dan mundur dari perang.

Jika bukan karena perannya yang menentukan dalam Perang Dunia I, beberapa bahkan berpendapat bahwa kekaisaran mungkin akan bertahan.

Kekaisaran Utsmaniyah terlambat mengikuti modernisasi. (Weebly)