Penemuan Berlian Merah Muda Terbesar dalam 300 Tahun Terakhir

By Ricky Jenihansen, Minggu, 31 Juli 2022 | 10:00 WIB
Berlian merah muda 170 karat. (AP Photo)

Nationalgeographic.co.id—Penambang di Angola telah menemukan berlian merah muda besar yang beratnya diperkirakan 170 karat. Berlian merah tersebut mungkin merupakan permata terbesar dari jenisnya yang ditemukan dalam 300 tahun terakhir.

Berlian merah muda ini kemungkinan akan menjadi batu permata termahal yang pernah dijual. Dengan berat tersebut, membuatnya hanya sedikit lebih kecil dari berlian Daria-i-Noor yang memiliki berat 182 karat.

Berlian Daria-i-Noor merupakan berlian merah muda terbesar di dunia yang ditemukan lebih dari 300 tahun lalu. Berlian tersebut saat ini merupakan bagian dari permata nasional Iran.

Menurut pernyataan dari Lucapa Diamond Company, yang memiliki Lulo dan satu tambang berlian lainnya di Angola, berlian baru itu dijuluki Lulo Rose. "Nama tersebut merujuk ke nama tambang Lulo di timur laut Angola tempat berlian itu ditemukan," menurut pernyataan tersebut.

"Hanya satu dari 10.000 berlian yang berwarna merah muda. Jadi, Anda pasti melihat artikel yang sangat langka ketika Anda menemukan berlian merah muda yang sangat besar," kata CEO Lucapa Stephen Wetherall kepada kantor berita The Associated Press.

Batu permata merah muda itu diharapkan memiliki nilai tinggi saat dilelang. Akan tetapi Wetherall mengatakan dia tidak tahu premium seperti apa yang akan dibayarkan karena warnanya.

Lulo adalah tambang aluvial yang berarti batu-batu itu diambil dari dasar sungai. Lucapa sedang mencari deposit bawah tanah, yang dikenal sebagai pipa kimberlite, yang akan menjadi sumber utama berlian, kata Wetherall.

Lulo Rose adalah berlian merah muda terbesar yang ditemukan dalam 300 tahun, dan bisa menjadi satu-satunya batu permata termahal yang pernah dijual. (Lucapa Diamond Corp)

Sejak 2015, proyek penambangan Lulo telah menemukan 27 berlian dengan berat lebih dari 100 karat, termasuk berlian terbesar yang pernah ditemukan di Angola, yaitu "Batu 4 Februari" 404 karat, yang dijual seharga 16 juta dollar pada tahun 2016.

Sementara, Lulo Rose, berlian terbesar kelima yang ditemukan di Lulo, diperkirakan akan dijual dengan harga yang lebih tinggi. Itu karena berlian merah muda relatif langka.

Terkait hal tersebut, para ilmuwan masih belum yakin tentang fenomena yang memberi warna merah pada batu-batu ini.

Pada tahun 1999, penambang di Afrika Selatan menemukan berlian merah muda kasar 132 karat yang kemudian diberi nama The Pink Star. Selama hampir dua tahun, para ahli perlahan-lahan memotong dan menggiling batu itu menjadi permata 59 karat.