Hewan-hewan di Alam Liar dengan Senjata Rahasia yang Mematikan

By Lutfi Fauziah, Senin, 7 Mei 2018 | 17:15 WIB
Ikan batu berkamuflase sebagai karang di perairan Bali, Indonesia. (FRED BAVENDAM, MINDEN PICTURES)

Setiap hewan memiliki ‘senjata’ untuk mempertahankan diri. Sebagian di antaranya terlihat begitu mencolok, sebagai peringatan sekaligus ancaman bagi musuh yang datang mendekat.

Sementara itu, sebagian hewan nampak tak berbahaya dengan absennya senjata pada bentuk fisik mereka. Namun sejatinya, mereka tetap menyimpan senjata rahasia yang tak kalah mematikan.

Berikut ini adalah beberapa hewan yang memiliki senjata tersembunyi di dalam tubuhnya.

Ikan batu: pisau lipat

Sang jawara kamuflase penghuni perairan Indo-Pasifik ini merupakan salah satu hewan paling beracun di laut, tapi itu belum seberapa. Studi terbaru menemukan bahwa ikan batu juga memiliki pisau lipat yang tersembunyi di wajah mereka.

Senjata yang disebut pisau lipat ini sebenarnya merupakan tonjolan tulang yang terletak persis di bawah mata mereka.

Baca juga: Spesies Katak Terbaru Ditemukan di Venezuela dan Kolombia

“Yang membuatnya unik adalah mereka bisa memunculkan dan menahannya, seakan mengacungkan pisau ke arah calon predator,” jelas pemimpin studi, W. Leo Smith, seorang ahli biologi evolusioner di Unviersity of Kansas di Lawrence.

Ular stiletto: gigitan samping

Ular berbisa yang hidup di kawasan Afrika Timur dan Timur Tengah ini bahkan tidak perlu memberi peringatan dengan membuka mulut untuk menggigit Anda.

Sendi peluru pada rahang ular stiletto memungkinkan taring untuk berputar keluar dan merobek musuh tak terduga tanpa perlu membuka mulut.

Kadal air spanyol: duri-duri samping