Ilmuwan Membuat Kukis dari Kulit Pisang, Hasilnya Lebih Enak dan Sehat

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 20 Agustus 2022 | 13:00 WIB
Kukis yang dibuat dari tepung kulit pisang lebih enak dan sehat. (mbg food)

Nationalgeographic.co.id - Beberapa tahun terakhir, ketertarikan pada pola makan nabati dan pengurangan limbah makanan semakin meningkat. Banyak orang mencari cara-cara kreatif untuk menggunakan setiap bagian dari sayuran dan buah-buahan mereka.

Sekarang ilmuwan menunjukan bahwa kulit pisang tidak selalu menjadi sampah atau kompos. Kulit pisang bisa dijadikan tepung dan menjadi adonan kue untuk membuat kukis yang lebih sehat.

Para peneliti melaporkan temuan mereka di ACS Food Science & Technology yang merupakan jurnal akses terbuka. Makalah tersebut bisa didapatkan secara daring dengan judul "Effect of the Addition of Banana Peel Flour on the Shelf Life and Antioxidant Properties of Cookies."

Seperti diketahui, kulit pisang adalah salah satu limbah yang telah dicoba oleh koki dan juru masak rumahan. Akan tetapi kulit pisang sangat berserat, membuatnya tidak enak untuk dimakan mentah.

Pada penelitian ini, para ilmuwan menemukan bahwa mereka dapat menggiling kulit pisang menjadi tepung yang kaya akan serat. Kandungannya seperti magnesium, potasium, dan senyawa antioksidan.

Dan ketika tepung terigu dalam jumlah kecil dalam roti dan kue diganti dengan tepung baru, makanan yang dipanggang lebih bergizi dan memiliki rasa yang dapat diterima.

Dalam uji rasa, kue yang diperkaya dengan beberapa tepung kulit pisang lebih memuaskan daripada yang dipanggang dengan tepung terigu saja.

Kulit pisang tidak selalu menjadi sampah atau kompos, tetapi bisa dibuat menjadi kukis. (iStock)

Namun, eksperimen serupa belum banyak dilakukan dengan kukis. Oleh karena itu, Faizan Ahmad dan rekan-rekannya ingin mengganti sebagian tepung terigu dalam kukis dengan tepung kulit pisang. Mereka kemudian menilai kualitas gizi kue, stabilitas rak, dan penerimaan konsumen.

"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penambahan tepung kulit pisang terhadap sifat nutrisi dan antioksidan kukis yang dibuat dengan tepung terigu," tulis peneliti dalam makalah.

Untuk membuat tepung kulit pisang, para peneliti mengupas pisang yang sudah matang dan tidak rusak. Kulit pisang kemudian direbus, dikeringkan, dan digiling menjadi bubuk halus.

 Baca Juga: Akibat Jamur Pembawa Penyakit Ini, Buah Pisang Terancam Punah