Menyelisik Kehidupan Sosialita Para Nyonya Eropa di Hindia Belanda

By Galih Pranata, Kamis, 25 Agustus 2022 | 10:00 WIB
Bezoet de Bie bersama anak dan teman-temannya, tengah memandikan anak-anaknya, sekitar awal abad ke-20. (G. Roger Knight/Archipel)

Nationalgeographic.co.id—Kehidupan hedonis dan glamor bisa dibilang jadi identitas orang-orang Eropa di Hindia Belanda. Pola konsumtif dan memandang standar sosial jadi acuan pergaulan mereka.

Hal itu juga dapat dilihat dari kehidupan serba glamor—sosialita—para wanita, terutama kalangan nyonya Eropa yang merupakan istri ambtenaar (pegawai negeri Hindia Belanda) atau Ambtelijk (pejabat Hindia Belanda).

Rosihan Anwar menulis tentang kisah menarik ini dalam bukunya berjudul Sejarah Kecil "petite histoire" Indonesia yang terbit pada tahun 2004.

Sebelum kita melihat lebih jauh tentang kehidupan para nyonya Eropa, kita perlu melihat dulu kehidupan para pejabat negeri dan pegawai negeri Hindia Belanda.

Ambtelijk en Duiten Hierarchie adalah slogan yang paling tepat untuk menggambarkan pola kehidupan mereka di Hindia Belanda. Kehidupan hedonis para pejabat elit dan pegawai tidak akan lepas dari duiten atau uang.

Menurut Rosihan, dalam urusan duit, masyarakat Eropa di Hindia Belanda melangkah sendiri-sendiri, tak peduli lingkungan sekitar maupun kerabat kerjanya. 

Johanna Bezoet de Bie berbusana Jawa, sembari bersantai membaca majalah, berlatar belakang ruang interior rumahnya yang mewah. (G. Roger Knight/Archipel)

Semangat bekerja mereka hanya didasarkan pada kedudukan hierarkis dalam pekerjaan dan sejumlah uang yang mereka dapatkan.

Tentunya ini berpengaruh pada cara pandang para istri mereka atau yang kita sebut nyonya-nyonya Eropa dalam tulisan ini. "Kegemaran bergunjing alias gosip luar biasa di antara dames atau para nyonya," terus Rosihan.

Seperti halnya seseorang barones (ningrat) muda yang menikah dengan letnan akan jadi bahan cibiran di antara nyonya-nyonya pejabat militer lainnya. Sebegitu dipandang stand (peringkat sosial) dalam kehidupan nyonya-nyonya di Hindia Belanda.

    

Baca Juga: Gemerlap Para Nyonya Sosialita di Batavia Zaman VOC