Menelisik Alasan Tentara dan Polisi Mencari Perawat sebagai Pasangan

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Jumat, 28 Oktober 2022 | 07:00 WIB
Adegan serial drama Descendants of the Sun. Menelisik alasan mengapa angkatan bersenjata seperti polisi dan tentara berpasangan dengan perawat atau bidan. (AsianWiki)

Nationalgeographic.co.id - Sebuah akun di Twitter @txtdrberseragam atau 'txtdariorangberseragam' menggunakan gambar ilustrasi pria tentara menodongkan senjata api kepada perawat perempuan. Si perawat mengarahkan stetoskopnya ke moncong senjata api itu sambil tersipu-sipu.

Sebenarnya, ilustrasi itu berasal dari foto prewedding yang sempat ramai di jagad media. Ilustrasinya dibuat oleh Mojok.co untuk gambar artikel bertajuk "Menebak Alasan Bidan dan Perawat Seringnya Nikah sama Tentara atau Polisi" oleh Audian Laili.

Akun Twitter itu, sering mengirimkan tingkah laku para aparat, baik dari TNI maupun kepolisian. Yang kerap diperbincangkan, sering sekali laki-laki anggota aparat mengirimkan pesan sosial media kepada perempuan yang diawali "Halo, dik". Biasanya, mereka bertanya "bekerja atau masih kuliah?". Lalu jika orang yang dikirimkan pesan menjawab sudah bekerja, ditanyakan lagi apakah ia perawat atau bidan.

Tangkapan layar perbincangan seperti itu marak di akun tersebut. Tak sedikit juga bahasan mengenai aparat tentara atau polisi yang berpasangan dengan dokter, bidan, atau perawat. Di satu sisi pun, upacara pernikahan bergaya militer menjadi dambaan banyak bidan atau perawat yang diungkapkan dalam pembicaraan di media sosial.

Gagasan pasangan ideal

Sebuah kanal YouTube bernama Pak Daeng pada 2020 lalu membuat konten "Profesi Pacar Tentara". Dalam videonya, ada banyak tentara yang ditanyai apa profesi pasangan mereka, pandangan terkait pasangan, dan pasangan mereka. Beberapa dari tentara yang diwawancarai berpasangan dengan perempuan tenaga kesehatan seperti perawat atau bidan.

Menurut salah satu tentara , "Karena perawat mudah kalau sakit langsung dirawat." Ketika ditanya kenapa tidak mencari yang lain, dijawab: "Karena perawat lebih menggoda". Ada juga yang berpasangan dengan bidan karena, salah satu yang menjawab, setia.

Dengan kata lain, perawat dan bidan dianggap perempuan yang ideal karena ketelatenannya dalam merawat pasangan, bahkan keluarga jika sudah menikah. Belum lagi, dalam bertugasnya, tentara atau polisi bisa berpindah tempat dinas dalam waktu lama. Bagi para tentara, perempuan yang ideal adalah yang bisa merawat keluarga di saat mereka tidak ada.

Baca Juga: Bagaimana Charles Darwin Menjelaskan Kebohongan di Aplikasi Kencan?

Baca Juga: Alasan Kegagalan Berkencan Masa Kini: Perbedaan Pandangan Politik

Baca Juga: Kenapa Patah Hati Menyakitkan? Ternyata Bertujuan Untuk Hal Ini

Baca Juga: Eros, Dewa Cinta Tapi Sulit Mendapatkan Cinta di Mitologi Yunani