Dunia Hewan: Miris, Jutaan Penyu Diburu Selama Tiga Dekade Terakhir

By Wawan Setiawan, Minggu, 11 September 2022 | 15:00 WIB
Penyu sisik Pasifik Timur adalah salah satu populasi penyu yang paling terancam punah dan salah satu makhluk tertua di planet Bumi. (Lindsay Lauckner Gundlock)

Nationalgeographic.co.id - Ini adalah salah satu ancaman paling serius bagi dunia hewan terhadap keanekaragaman hayati satwa liar. Selain krisis iklim, pembunuhan dan perdagangan hewan dan tumbuhan secara illegal adalah hal yang harus ditangani dengan serius. Meskipun banyak undang-undang yang melarang perdagangan satwa liar di pasar gelap, industri ini dianggap sebagai salah satu industri gelap yang paling menguntungkan di dunia.

Hewan, terutama spesies yang terancam punah sering dieksploitasi dan dijual untuk diambil kulitnya. Atau digunakan sebagai obat, barang antik, makanan, afrodisiak, dan artefak spiritual.

Dalam sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal Global Change Biology pada 7 September, para peneliti Arizona State University memperkirakan bahwa lebih dari 1,1 juta penyu telah dibunuh secara ilegal. Bahkan dalam beberapa kasus, diperdagangkan antara tahun 1990 dan 2020.

Meskipun undang-undang yang ada melarang penangkapan dan penggunaannya, sebanyak 44.000 penyu dieksploitasi setiap tahun selama dekade terakhir di 65 negara atau wilayah dan di 44 dari 58 populasi penyu utama dunia.

Terlepas dari jumlah penyu yang diburu, penelitian menunjukkan bahwa eksploitasi ilegal penyu yang dilaporkan menurun sekitar 28% selama dekade terakhir. Ini sesuatu yang mengejutkan para peneliti. Mereka awalnya berharap melihat peningkatan keseluruhan dalam perburuan liar yang dilaporkan.

"Penurunan selama dekade terakhir dapat disebabkan oleh peningkatan undang-undang perlindungan dan peningkatan upaya konservasi. Ditambah dengan peningkatan kesadaran akan masalah atau perubahan norma dan tradisi lokal," kata Kayla Burgher, salah satu penulis studi dan mahasiswa doktoral dalam program ilmu kehidupan lingkungan ASU di School of Life Sciences.

Selain sedikit penurunan, para peneliti juga menemukan bahwa sebagian besar eksploitasi ilegal yang dilaporkan selama dekade terakhir terjadi pada populasi penyu yang besar, stabil, dan beragam secara genetik.

Sekitar 95% penyu rebus berasal dari dua spesies: penyu hijau dan penyu sisik, keduanya terdaftar di bawah Undang-Undang Spesies Terancam Punah AS. (Reuter)

“Penemuan ini mungkin merupakan hikmah dari tingginya jumlah penyu yang dieksploitasi secara ilegal. Artinya, sebagian besar penyu ini berasal dari populasi yang sehat dan berisiko rendah. Ini menunjukkan bahwa, dengan beberapa pengecualian, tingkat eksploitasi ilegal saat ini kemungkinan besar tidak memiliki dampak merugikan yang besar pada sebagian besar populasi penyu di seluruh lautan dunia," kata Jesse Senko, salah satu penulis utama studi ini dan asisten profesor peneliti di ASU School for the Future of Innovation in Society.

Senko menambahkan, bagaimanapun, hasilnya harus dipertimbangkan dengan hati-hati. “Menilai setiap aktivitas ilegal itu sulit, pengambilan dan perdagangan penyu tidak terkecuali. Terutama ketika itu menjadi terorganisir atau terkait dengan sindikat kejahatan," kata Senko.

 Baca Juga: Dunia Hewan: Hampir Setiap Penyu di Florida Kini Terlahir Betina

 Baca Juga: Hari Penyu Sedunia: Hal-Hal yang Mungkin Belum Anda Tahu soal Penyu