Fosil Owa Berusia 7,5 Juta Tahun dan Kesenjangan Sejarah Evolusi Kera

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 17 September 2022 | 08:00 WIB
Owa sedang bermain (c. 1427) oleh Kaisar Xuande, kaisar kelima dari dinasti Ming di Cina. (Sci-News)

Nationalgeographic.co.id—Para ahli paleontologi telah menemukan fosil owa paling awal yang berusia sekitar 7,5 juta tahun. Spesies monyet kecil di dunia lama itu hidup di Tiongkok selama zaman Miosen akhir.

Penemuan tersebut telah dideskripsikan dan dilaporkan dalam Journal of Human Evolution baru-baru ini. Publikasi tersebut bisa didapatkan secara daring dengan judul "The earliest hylobatid from the Late Miocene of China."

Spesies owa ini termasuk dalam hylobatids, keluarga kera yang mencakup 20 spesies owa hidup, yang ditemukan di seluruh Asia tropis dari timur laut India hingga Indonesia.

"Sisa-sisa fosil Hylobatid sangat langka, dan sebagian besar spesimen adalah gigi yang terisolasi dan tulang rahang yang terpisah-pisah yang ditemukan di situs gua di Tiongkok selatan dan Asia Tenggara yang berusia tidak lebih dari 2 juta tahun yang lalu," jelas Terry Harrison, seorang profesor antropologi di New York University dan salah satu penulis makalah.

"Temuan baru ini memperluas catatan fosil hylobatid kembali ke 7 hingga 8 juta tahun yang lalu dan, lebih khusus, meningkatkan pemahaman kita tentang evolusi keluarga kera ini."

Fosil yang ditemukan di daerah Yuanmou di Provinsi Yunnan di barat daya Tiongkok ini adalah kera kecil bernama Yuanmoupithecus xiaoyuan.

Rahang atas bayi Yuanmoupithecus. (Terry Harrison, NYU's Department of Anthropology.)

Yuanmoupithecus xiaoyuan hidup di tempat yang sekarang disebut Yunnan di Tiongkok selatan antara 8,2 dan 7,1 juta tahun yang lalu. Pertama kali dideskripsikan pada tahun 2006, termasuk dalam Hylobatidae, keluarga kera yang terdiri dari owa dan siamang yang masih hidup.

Analisis yang melibatkan Xueping Ji dari Kunming Institute of Zoology dan penulis utama studi tersebut, berfokus pada gigi dan spesimen tengkorak Yuanmoupithecus, termasuk rahang atas bayi yang berusia kurang dari 2 tahun saat mati.

Dengan menggunakan ukuran gigi geraham sebagai panduan, para ilmuwan memperkirakan bahwa Yuanmoupithecus memiliki ukuran yang mirip dengan siamang saat ini, dengan berat badan sekitar 6 kilogram, atau sekitar 13 pon.

 Baca Juga: Australopithecus sediba: Spesies Peralihan dan Mata Rantai yang Hilang

 Baca Juga: Meski Sudah Berevolusi, Ternyata Otak Homo Erectus Awal Mirip Kera