Evolusi Jantung: Ilmuwan Temukan Jantung Tertua Berusia 380 Juta Tahun

By Wawan Setiawan, Senin, 19 September 2022 | 07:00 WIB
Fosil ikan Gogo yang digunakan dalam penelitian ini ditemukan di dalam bebatuan yang ditemukan di Kimberley. (Curtin University)

Nationalgeographic.co.id - Para peneliti telah menemukan jantung berusia 380 juta tahun. Ini merupakan yang tertua yang pernah ditemukan. Ditemukan di samping perut, usus, dan hati fosil yang terpisah pada ikan berahang purba, yang memberikan penjelasan baru tentang evolusi tubuh kita sendiri.

Penelitian baru yang diterbitkan di jurnal Science pada 15 September, menemukan bahwa posisi organ dalam tubuh arthrodires. Kelas ikan lapis baja yang punah dan berkembang selama periode Devon dari 419,2 juta tahun lalu hingga 358,9 juta tahun lalu. Ini mirip dengan anatomi hiu modern, sehingga menawarkan petunjuk evolusi baru yang penting.

Makalah temuan ini diberi judul "Exceptional preservation of organs in Devonian placoderms from the Gogo lagerstätte."

Peneliti utama John Curtin Profesor Kate Trinajstic, dari Curtin's School of Molecular and Life Sciences dan Western Australian Museum, mengatakan penemuan itu luar biasa mengingat jaringan lunak spesies purba jarang diawetkan dan bahkan lebih jarang menemukan pelestarian 3D.

"Sebagai ahli paleontologi yang telah mempelajari fosil selama lebih dari 20 tahun, saya benar-benar takjub menemukan jantung 3D dan terawetkan dengan indah pada leluhur berusia 380 juta tahun," kata Profesor Trinajstic.

Jantung ikan placoderm yang diawetkan secara 3D dari Gogo. Batu itu mengubur tulang yang ditunjukkan dalam warna abu-abu, ditunjukkan oleh pencitraan sinar neutron, dan jantung berwarna merah. (Kate Trinajstic)

Ia juga menambahkan, "Evolusi sering dianggap sebagai serangkaian langkah kecil, tetapi fosil kuno ini menunjukkan ada lompatan yang lebih besar antara vertebrata yang tidak berahang dan berahang. Ikan ini benar-benar memiliki jantung di mulut dan di bawah insangnya—sama seperti hiu saat ini."

Penelitian ini menyajikan untuk pertama kalinya model 3D dari jantung berbentuk s yang kompleks dalam arthrodire yang terdiri dari dua ruang dengan ruang yang lebih kecil berada di atasnya.

Profesor Trinajstic mengatakan fitur-fitur ini maju pada vertebrata awal seperti itu. Menawarkan jendela unik tentang bagaimana daerah kepala dan leher mulai berubah untuk mengakomodasi rahang. Yang merupakan tahap kritis dalam evolusi tubuh kita sendiri.

 Baca Juga: Berevolusi dari Ikan, Tetrapoda Awal Memiliki Tulang Lebih Sedikit

 Baca Juga: Fosil Ikan Jurassic yang Terawetkan Sempurna Ditemukan di Inggris

 Baca Juga: Ada Kerabat Ikan Purba ke Daratan yang Memilih Kembali ke Air