Bulu Babi dan Jerapah, Jadi Makanan Utama Penduduk Pompeii Romawi Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 17 September 2022 | 09:00 WIB
Sebuah lukisan dinding yang menampilkan santapan orang Romawi yang kaya, dari pameran (Museum Arkeologi Nasional Napoli)

Nationalgeographic.co.id - Pompeii mungkin adalah jendela terpenting kita menuju Roma kuno. Ketika Gunung Vesuvius meletus pada tahun 79 M, kota Romawi kuno ini terkubur di bawah abu yang sangat panas. Panasnya membunuh penduduk kota hampir seketika, bahkan saat abu melestarikan saat-saat terakhir mereka sepanjang masa, memberi kita gambaran sekilas tentang kehidupan sehari-hari orang Romawi kuno, termasuk apa yang mereka makan, dan bagaimana mereka memakannya.

Makanan adalah bagian penting dari budaya Romawi. Pompeii sendiri dikelilingi oleh sekitar 80 pertanian dan kebun anggur. Makanan disajikan di ruang makan dengan lukisan dinding, tetapi juga di bar dan restoran, dan dipersembahkan kepada para dewa.

Dormouse adalah salah satu spesialisasi Romawi yang bertahan, karena masih disajikan di Kroasia dan Slovenia. Seperti yang ditunjukkan oleh pameran, budaya makanan dan kuliner Roma kuno juga bertahan dengan banyak cara lain.

"Orang yang terbiasa dengan masakan Italia modern akan sangat terkejut dengan makanan Romawi kuno. Tidak ada tomat sebagai permulaan, dan tidak ada piza dan pasta," kata Mary Beard,  profesor klasik di Universitas Cambridge. Namun, dia menambahkan, "Ada beberapa kontinuitas yang mendasarinya."

“Makanan laut dari Mediterania adalah elemen utama di keduanya,” kata Profesor Beard, mencatat bahwa penggalian lubang pembuangan Romawi telah mengungkapkan konsumsi bulu babi secara luas. Begitu juga zaitun dan anggur.

Pola Makan Penduduk Pompeii Bervariasi

Sebuah studi baru dari Institut Arkeologi Amerika mengacu pada hasil penggalian skala besar di daerah Pompeii yang terlupakan. Temuan tersebut mengungkapkan pola makan penduduk yang bervariasi, termasuk jerapah dan bulu babi.

Steven Ellis, profesor klasik Universitas Cincinnati dan timnya menghabiskan lebih dari satu dekade menggali sekitar 20 bagian depan toko di dekat salah satu gerbang tersibuk Pompeii yang dikenal sebagai Portia Stabia.

Jamban dan lubang pembuangan di belakang penjual makanan mengungkapkan sisa makanan yang hangus dari dapur, serta kotoran manusia yang berasal dari abad keempat SM, ketika Pompeii masih dalam tahap awal pembangunan.

Hasil analisis mereka membantah kepercayaan umum bahwa elit Romawi makan makanan lezat yang eksotis sementara orang miskin hampir kelaparan dengan biji-bijian dan bubur. Ternyata kelas bawah dan menengah makan makanan murah tetapi sehat termasuk biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan, zaitun, lentil, ikan lokal, dan telur. Mereka juga makan daging, kerang, bulu babi, dan ikan asin yang lebih mahal dari Spanyol.

 Baca Juga: Arkeolog Ungkap Kehidupan Orang Romawi Kelas Menengah di Pompeii

 Baca Juga: Lupanare: Rahasia Prostitusi dan Rumah Bordil di Pompeii Kuno