Ngeri, Hippokrates Gunakan Besi Panas untuk Obati Wasir di Yunani Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 18 September 2022 | 09:00 WIB
Penggambaran operasi wasir pada abad ke-13. (The British Library)

Nationalgeographic.co.id - Lebih dari setengah dari semua orang harus berurusan dengan wasir setidaknya sekali dalam hidup mereka. Meskipun wasir adalah masalah yang tidak diharapkan untuk ditangani, tetapi rasanya Anda perlu bersyukur karena Anda tidak tinggal di Yunani kuno dengan Hippokrates alias Bapak Pengobatan pada saat itu.

Pasalnya, mereka akan mengobati wasir dengan benar-benar membawa alat bedah besi yang dipanaskan ke bokong Anda. Hippokrates terkenal dengan Sumpah Hipokrates, yang saat ini masih digunakan yang diambil oleh dokter modern di seluruh dunia hingga hari ini. Apa yang ironis adalah bahwa sumpah tersebut menyatakan untuk "tidak membahayakan"—tulah sebabnya mungkin mengejutkan untuk mengetahui jika Anda pergi ke dokter Hipokrates di Yunani kuno.

Alat bedah, abad ke-5 SM, Yunani. Rekonstruksi berdasarkan deskripsi dalam korpus Hipokrates. Museum Teknologi Tesalonika. (Gts-tg)

Ketika prosedur selesai, setidaknya ada proses untuk mengobati luka di bagian belakang orang tersebut. Setelah operasi, penenang klasik dioleskan, terbuat dari bahan obat lentil dan buncis, kemudian perban diikatkan ke perut orang tersebut untuk menahannya selama beberapa hari. Setelah perban lentil-buncis dilepas, madu akan dioleskan ke perban baru, dan dimasukkan ke dalam anus orang tersebut.

Lalu bagaimana orang itu buang air besar selama minggu? atau bagaimana mereka bisa melakukannya dengan kebersihan? Mungkin sebaiknya tidak dipikirkan. Terutama ketika Anda mempertimbangkan fakta bahwa orang Yunani kuno cenderung menggunakan pecahan tembikar yang sebenarnya sebagai pengganti kertas toilet. Akan tetapi orang-orang Yunani kuno ini adalah jenis berbeda. Kebiasaan menggunakan pecahan tembikar sebagai alat menyeka ini nampaknya menjadi alasan utama mengapa wasir begitu umum di antara orang Yunani kuno.

Obat Ambeien Kuno Lainnya

Berbeda dengan Yunani kuno, orang Mesir kuno memiliki beberapa resep pasta obat yang dapat dioleskan ke daerah yang terkena. Menariknya, strategi berbeda yang digunakan oleh orang Romawi, India, dan Arab melibatkan ligasi. Ligasi secara harfiah memotong aliran darah ke suatu daerah, digunakan oleh masing-masing budaya ini dan juga muncul dalam beberapa tulisan Hippokrates.

 Baca Juga: Terapi Mental Hippokrates Lewat Media Musik yang Menyembuhkan

 Baca Juga: Resep Medis 'Bapak Kedokteran' Tersingkap di Biara Kuno Mesir

 Baca Juga: Dokter Metrodora: Ahli Ginekologi dan Kesehatan Wanita di Zaman Kuno

Dokter dan pasien Yunani, gips di W.H.M.M. (Wellcome Collection)

Orang-orang Yunani menulis tentang penggunaan wol atau benang untuk mengikat wasir dengan erat, memotong aliran darah ke sana sehingga seiring waktu, wasir akan benar-benar mengerut dan jatuh dengan sendirinya atau melalui eksisi—memotongnya. Teknik ini sebenarnya telah teruji oleh waktu dan merupakan salah satu dari beberapa metode yang masih digunakan, meskipun sekarang dokter menggunakan karet gelang sebagai pengganti beberapa versi benang untuk mengikat wasir.