Tradisi Kuliner Neolitikum Terungkap, Gara-gara Penemuan Pot Sereal

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 18 September 2022 | 12:00 WIB
Sebuah pecahan besar tembikar Neolitik Awal, seperti yang ditemukan di dasar danau di Loch Bhogastail. (Dan Pascoe)

Nationalgeographic.co.id - Sebuah tim ilmuwan yang dipimpin oleh Universitas Bristol, telah menemukan wawasan baru menarik tentang pola makan orang-orang yang tinggal di Inggris Neolitik. Para peneliti menemukan bukti bahwa sereal, termasuk gandum, dimasak dalam pot.

Dengan menggunakan analisis kimia tembikar kuno dan sangat terpelihara dengan baik, tim dapat melihat bahwa sereal dimasak dalam pot dan dicampur dengan produk susu dan kadang-kadang daging, mungkin untuk membuat lebih awal bentuk bubur dan rebusan. Penemuan ini ditemukan di perairan sekitar pulau buatan kecil yang disebut crannogs di Skotlandia. Mereka juga menemukan bahwa orang-orang yang mengunjungi crannog ini menggunakan panci kecil untuk memasak sereal dengan susu. Sementara panci yang lebih besar untuk hidangan berbahan dasar daging.

Budi daya sereal di Inggris dimulai sekitar 4000 SM mungkin diperkenalkan oleh petani migran dari benua Eropa. Hal ini dibuktikan dengan beberapa pemulihan biji-bijian sereal diawetkan dan puing-puing lain yang ditemukan di situs Neolitik.

Pada saat ini tembikar juga diperkenalkan ke Inggris dan ada bukti luas untuk produk domestik seperti produk susu dalam sidik jari lipid molekuler yang diekstraksi dari kain pot ini. Namun, dengan pengecualian untuk millet, belum mungkin untuk mendeteksi jejak molekuler dari sereal yang menyertainya dalam tanda-tanda lipid ini, meskipun kemudian menjadi bahan pokok utama mendominasi ekonomi subsisten global saat ini.

Analisis tembikar Romawi yang diterbitkan sebelumnya dari Vindolanda menunjukkan bahwa penanda lipid spesifik untuk sereal dapat bertahan diserap dalam tembikar arkeologi yang diawetkan. Meski dalam kondisi tergenang air dan dapat dideteksi melalui pendekatan sensitivitas tinggi. Akan tetapi yang penting ini "hanya" berusia 2.000 tahun dan dari konteks di mana sereal terkenal telah hadir. Temuan baru yang dilaporkan sekarang menunjukkan bahwa biomarker sereal dapat dipertahankan selama ribuan tahun lebih lama dalam kondisi yang menguntungkan.

Elemen lain yang menarik dari penelitian ini adalah fakta bahwa banyak dari pot yang dianalisis masih utuh serta terdapat hiasan. Hal ini menunjukkan bahwa mereka mungkin memiliki semacam tujuan seremonial. Karena fungsi sebenarnya dari crannog itu sendiri juga belum sepenuhnya dipahami (dengan beberapa terlalu kecil untuk digunakan secara permanen), penelitian ini memberikan wawasan baru tentang kemungkinan cara konstruksi ini digunakan.

Rekonstruksi salah satu pot dari Loch Langabhat. (Mike Copper)

Selama analisis, biomarker sereal terdeteksi secara luas (sepertiga dari pot), memberikan bukti biomolekuler paling awal untuk sereal dalam residu tembikar yang diserap di wilayah ini.

Temuan menunjukkan bahwa gandum sedang dimasak dalam pot, meskipun fakta bahwa bukti terbatas dari bagian tanaman hangus. Hal ini bisa jadi karena gandum kurang terwakili dalam sisa-sisa tanaman yang hangus karena disiapkan secara berbeda, jadi tidak hangus seperti biasanya atau karena praktik memasak yang lebih tidak biasa.

 Baca Juga: Temuan Bahan-bahan untuk Membuat Pai di Permukiman Zaman Neolitikum

 Baca Juga: Tersingkap, Masyarakat Neolitik di Catalhoyuk Sangat Maju Bertani

 Baca Juga: Bejana Suci Anatolia di Zaman Neolitikum Ungkapkan Pemujaan Banteng