Menelisik Asal Usul Tablet Dispilio, Jadi Teks Tertulis Tertua

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 25 September 2022 | 08:00 WIB
Reproduksi model tablet Dispilio di pemukiman tepi danau prasejarah Dispilio di Yunani utara. (Мико/Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id - Arkeologi konvensional mengeklaim bahwa tulisan tidak ditemukan sampai beberapa waktu antara 3000 dan 4000 SM di Sumeria. Namun, penemuan artefak, tablet dispilio yang jauh lebih tua di Yunani utara tampaknya bertentangan dengan kepercayaan ini. Meskipun kemungkinan sistem penulisan yang sebelumnya tidak diketahui selama Neolitik adalah prospek yang menarik, mengapa hanya sedikit orang yang tahu tentang penemuan ini?

Menghirup Kehidupan ke Dispilio

Ditemukan kembali pada tahun 1993 oleh George Xourmouziadis, seorang profesor arkeologi prasejarah, tablet Dispilio digali selama penggalian pemukiman danau Neolitik di dekat kota Kastoria di Yunani utara. Pemukiman kuno ini sebenarnya ditemukan kembali pada tahun 1932 selama musim dingin yang kering ketika permukaan air Danau Kastoria sangat rendah.

Situs itu sendiri ditempati selama ratusan tahun dari sekitar 7.000 hingga 8.000 tahun yang lalu. Penggalian menemukan beberapa artefak termasuk alat, tembikar, patung-patung, dan ornamen pribadi lainnya. Ini memungkinkan para arkeolog untuk mengumpulkan gambaran kegiatan ekonomi dan pertanian pemukiman, serta bukti pembiakan hewan dan preferensi makanan mereka.

Contoh tanda ukiran pada lempeng kayu Dispilio dan temuan tanah liat lainnya yang ditemukan di lokasi (a) dibandingkan dengan tanda Linear A (b) dan tanda yang ditemukan pada lempengan tanah liat Eropa Paleo (c). (Yorgos Facorellis )

Tablet Dispilio adalah salah satu dari banyak artefak yang ditemukan di daerah tersebut. Namun, pentingnya tabel terletak pada kenyataan bahwa itu diukir dengan teks tertulis yang tidak diketahui yang berasal dari 5.000 SM. Para peneliti telah menggunakan penanggalan radiokarbon untuk menunjukkan dengan tepat tanggal tablet kayu itu sekitar 5.260 SM, yang akan membuatnya jauh lebih tua dari sistem penulisan yang digunakan oleh bangsa Sumeria.

Teks pada tablet termasuk jenis tulisan terukir yang mungkin terdiri dari bentuk tulisan yang sudah ada sebelumnya, tulisan Linear B yang digunakan oleh orang Yunani Mycenaean. Selain tablet, banyak ditemukan potongan keramik lain yang juga memiliki jenis tulisan yang sama.

Fakta bahwa tablet kayu ini tersembunyi di dasar danau begitu lama dan tetap terpelihara bertahun-tahun kemudian sangat mengesankan. Sayangnya, pada saat tablet telah digali dan dikeluarkan dari lingkungan aslinya, kontak dengan oksigen memulai proses kerusakan dan sekarang dalam pengawetan.

Sejauh ini, sistem penulisan kuno yang dibuktikan dengan tanda-tanda dan prasasti pada tablet Dispilio belum diuraikan, dan memecahkan kode tulisan akan sulit jika bukan tidak mungkin, kecuali 'batu Rosetta' yang cocok ditemukan. Namun demikian, Profesor Xourmouziadis menyarankan bahwa itu bisa mewakili suatu bentuk komunikasi dan bisa berarti apa saja, termasuk semacam inventarisasi harta benda kuno.

Tablet Dispilio dan Sejarah Penulisannya

Cuneiform Sumeria telah turun dalam sejarah sebagai bentuk tulisan tertua. Seperti dijelaskan dalam Greek Reporter, beberapa sarjana mempertanyakan teori yang dihasilkan yang mengeklaim bahwa orang Yunani kuno belajar menulis sekitar 800 SM berkat kontak dengan Fenisia. Mereka tidak yakin dengan fakta bahwa komposisi karya sastra seperti puisi Homer kuno bertepatan dengan perolehan keterampilan menulis mereka.

 Baca Juga: Temuan Tablet Kutukan, Diperkirakan Lebih Tua dari Gulungan Laut Mati