Nationalgeographic.co.id—Di zaman sekarang, sebagian orang akan menelepon layanan pelanggan atau bahkan mengumumkannya kepada semua orang di media sosial jika tidak puas dengan produk yang diterima. Lantas, bagaimana kehidupan di zaman dulu ketika tidak mendapatkan produk yang sesuai? Ya, tampaknya meskipun berabad-abad telah berlalu, orang tidak banyak berubah.
Sangat jelas bahwa layanan pengaduan seperti sekarang lebih mudah, tetapi ada orang-orang yang gigih di masa lalu. Dia mengukir keluhannya di kedua sisi tablet tanah liat. Keluhan pelanggan pertama yang diketahui di dunia dikirim dari kota Ur, Mesopotamia selatan (Irak modern) sekitar 3.800 tahun yang lalu.
Hal ini dapat terlihat dalam tablet Babilonia lama dengan nomor inventaris 131236 yang dapat ditemukan di Museum Inggris di London. Tablet tersebut adalah tablet tanah liat dari seorang pria bernama Nanni yang memberi tahu Ea-nasir bahwa dia mengeluh bahwa bijih tembaga dengan kualitas yang salah dikirim dan pengiriman lain salah arah dan tertunda.
Dikutip Arkeonews, Ea-nasir adalah seorang pedagang terkemuka yang bergerak di bidang ingot tembaga. Rumah besarnya, yang terletak di kota Ur ditemukan selama penggalian awal abad ke-20 oleh arkeolog Inggris, Sir Leonard Wooley, dan lebih dari selusin tablet digali di situs tersebut. Tablet tersebut berisi ulasan pelanggan—dan banyak di antaranya tidak benar-benar bersinar.
Rupanya, Ea-nasir adalah pengusaha yang sangat buruk dan menerima banyak keluhan dari pelanggan yang marah.
Source | : | Arkeonews |
Penulis | : | Hanny Nur Fadhilah |
Editor | : | Mahandis Yoanata Thamrin |
KOMENTAR