Ketika Afrodisiak Tingkatkan Gairah Seksual di Abad Pertengahan

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 24 September 2022 | 07:00 WIB
Afrodisiak abad pertengahan adalah alat yang sangat penting untuk memastikan bahwa suami memiliki nafsu yang cukup untuk benar-benar bercinta. (Giovannino de' Grassi)

Nationalgeographic.co.id - Orang-orang di Eropa pada Abad Pertengahan meningkatkan keintiman bersama pasangannya melalui penggunaan afrodisiak (zat yang berada di dalam makanan yang mampu meningkatkan gairah seksual). Dr. Eleanor Janega, sejarawan abad pertengahan yang berbasis di London, telah memberikan berbagai contoh afrodisiak abad pertengahan yang aneh dan teknik rayuan yang digunakan untuk membangkitkan kekasih pria di seluruh Eropa.

Afrodisiak Abad Pertengahan: Adonan Roti Direndam dalam Aroma Istri

Dr. Janega secara khusus berfokus pada afrodisiak abad pertengahan yang digunakan wanita untuk membuat suami mereka siap bercinta. “Ada banyak pilihan di sini, dan menariknya banyak yang berhubungan dengan makan. Sering kali apa yang akan dilakukan adalah memperkenalkan cara membuat suami Anda makan sesuatu yang telah bersentuhan dengan tubuh Anda," katanya.

Salah satu metode yang tampaknya aneh ini adalah menguleni adonan roti di tubuh telanjang mereka, sebelum memanggangnya dan kemudian disajikan kepada suami mereka.

Prinsip rayuan yang serupa adalah menuangkan madu ke tubuh telanjang seseorang. Kemudian mengeluarkannya sebelum memasukkannya ke benda lain. Madu, secara umum, memainkan peran besar dalam afrodisiak abad pertengahan.

Para istri di Abad Pertengahan menggunakan afrodisiak untuk memastikan bahwa suami mereka memiliki nafsu yang cukup untuk bercinta dan memiliki anak. (Medievalists.net)

Namun demikian, "Anda adalah apa yang Anda makan". Jadi ketika di kamar tidur bersama pasangan, tingkat gairah seksual tergantung dengan apa yang dimakan. Teori-teori ini memiliki daya tarik bahkan dalam teori medis abad pertengahan.

Menurut sejarawan abad pertengahan Dr. Katherine Harvey, juga seorang dosen di Birkbeck, University of London. Dia menulis untuk blog, Notches, sebuah ruang yang secara akademis mengeksplorasi sejarah internasional seksualitas.

Dalam blognya tahun 2014 tentang afrodisiak abad pertengahan, dia berpendapat bahwa makanan dan minuman dianggap menyelesaikan masalah seksual seperti impotensi dan infertilitas, dan teks medis dari abad pertengahan akhir (akhir abad ke-13 hingga awal abad ke-16 M), memberikan serangkaian informasi tentang makanan bisa membangkitkan gairah dan nasihat untuk pria abad pertengahan.

 Baca Juga: Misteri Epidemi Tarian Massal yang Mematikan di Prancis Pada 1518

 Baca Juga: Konsekuensi Mengerikan dari Bunuh Diri di Abad Pertengahan Eropa

 Baca Juga: Inilah Pekerjaan yang Paling Banyak Peminatnya pada Abad Pertengahan