Memahami Navigasi Darat, Cara Agar Tidak Tersesat di Alam Bebas

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Senin, 26 September 2022 | 14:00 WIB
Praktik navigasi darat yang langsung dilatih oleh pegiat luar ruangan Arinta Eka Desti Mustika bersama Biodiversity Warriors di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. (Adrianto/Biodiversity Warriors)

Nationalgeographic.co.id - Tidak selamanya aplikasi navigasi digital seperti Google Maps dan Waze dapat diandalkan. Terkadang ada beberapa jalan di suatu kota yang belum terdaftar, dan menyesatkan, atau bahkan tidak berfungsi ketika kita berada di alam bebas. Sehingga, kita harus menentukan navigasi sendiri agar tidak tersesat.

Agar andal dalam navigasi di darat, khususnya di alam bebas, ada banyak mata pelajaran geografi atau ilmu pengetahuan sosial yang sebenarnya sudah diajarkan di sekolah. Di Indonesia, kita memahami ada iklim, cuaca, dan arah terbit-tenggelamnya matahari yang bisa membantu kita bernavigasi di darat.

"Navigasi itu adalah pengetahuan untuk mengetahui keadaan medan yang akan dihadapi, posisi kita di alam bebas dan menentukan arah serta tujuan perjalanan di alam bebas, baik di peta maupun medan sebenarnya," terang Arinta Eka Desti Mustika. 

"Karena navigasi kita tahu, nih, posisi kita di mana, medan kita seperti apa, dan yang akan kita hadapi itu seperti apa."

Arinta adalah petualang dan pegiat aktivitas luar ruangan. Dia menjelaskan beberapa pengetahuan dasar tentang navitgasi di darat dalam BW in Training: Pelatihan dasar navigasi untuk menjelajah alam liar 'anti tersasar' yang diadakan Biodiversity Warriors, Jumat 23 September 2022.

Dalam bernavigasi, kunci menguasainya adalah punya imajinasi yang tinggi dalam membuat peta dua dimensi menjadi tiga dimensi di kepala. Kemudian, menguasai beberapa alat-alat navigasi darat seperti kompas dan peta. Lalu, punya banyak pengalaman ke medan yang beragam. Terakhir, punya kemampuan merekam dan membaca gambar permukaan bumi.

Baca Juga: Penyu Sisik Mengambil Rute Berkelok-kelok saat Migrasi, Apa Alasannya?

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Tentang Gajah Laut dan Kemampuan Navigasinya

Baca Juga: Gerak Medan Magnet Bumi Kian Cepat, Bagaimana Burung Migrasi Pulang?

Baca Juga: Pelajaran Perjalanan: Perpaduan Alam dan Insan di T.N. Baluran

Sebagai bagian dasar dalam navigasi, kita perlu memahami arah mata angin untuk membaca kompas. Lewat kompas, kita bisa paham arah mana kita sedang menghadap. Walau arah mata angin, bisa dijelaskan lewat arah terbit dan tenggelam matahari, di alam bebas sulit mengetahuinya.

Jika arah mata angin bisa membantu kita memahami letak geografis di sekitar, terdapat cara lain untuk koordinat posisi dengan letak astronomis. Di pelajaran sekolah, Anda diajarkan bahwa Indonesia berada di enam derajat LU (Lintang Utara) sampai 11 derajat Lintang Selatan (LS), dan 95 derajat BT (Bujur Timur) sampai 141 derajat BT.