Cara Menghilangkan Sensasi Lidah Terbakar akibat Makanan Pedas

By Utomo Priyambodo, Selasa, 27 September 2022 | 10:00 WIB
Mulut terasa pedas dan tak kuat menahannya, lakukan langkah ini untuk menghilangkan rasa pedas dengan cepat. (artJazz/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Anda yang pernah menyantap makanan pedas tentu tidak asing dengan sensasi lidah dan mulut terbakar yang muncul setelahnya. Kemungkinan besar, Anda akan minum segelas air putih. Namun, rasa pedasnya tidak juga segera menghilang.

Mungkin Anda pernah mendengar nasihat orang lain untuk minum susu atau makan gula sebagai gantinya untuk mengurangi rasa terbakar akibat makanan pedas tersebut. Akan tetapi apakah metode yang tampaknya tidak berhubungan ini benar-benar ampuh?

Dan jikapun ampuh, bagaimana penjelasan ilmiah di baliknya?

Dikutip dari pemaparan di The Varsity, komponen aktif dari sebagian besar makanan pedas disebut capsaicin. Komponen ini secara langsung bertanggung jawab atas sensasi terbakar yang Anda alami di lidah setelah makan makanan pedas seperti cabai atau saus pedas.

Capsaicin mengikat jenis reseptor di lidah Anda yang disebut transien reseptor potensial vanilloid tipe 1 (TRPV1). Ketika capsaicin mengikat TRPV1, ion kalsium masuk ke sel-sel di lidah Anda, dan sinyal dikirim melalui neuron Anda yang mengklasifikasikan sensasi tersebut sebagai "pedas."

Ini adalah aktivasi yang diinduksi capsaicin dari reseptor TRPV1 ini yang menginduksi rasa panas terbakar. Tidak ada panas fisik yang terlibat, karena panas ini adalah ilusi rasa kimia.

Ketika Anda memakan makanan pedas dan Anda minum air, tetapi airnya tidak menghilangkan rasa pedas tersebut, sebenarnya itu adalah hal yang wajar. Secara kimia, molekul yang memisahkan capsaicin dari TRPV1 akan mengurangi sensasi terbakar, tetapi capsaicin adalah molekul hidrofobik dan larut dalam lemak, yang berarti menolak air dan larut dalam lemak. Oleh karena itu, air sangat efektif untuk mengurangi luka bakar, tapi bukan rasa terbakar akibat makanan pedas.

Ada dua teori utama mengapa susu ampuh dalam melawan makanan pedas. Teori pertama, susu mengandung molekul protein hidrofobik yang disebut kasein. Kasein bersifat hidrofobik sehingga capsaicin akan melepaskan reseptor TRPV1 dan mengikat kasein sebagai gantinya. Ini berarti bahwa lebih sedikit reseptor TRPV1 di lidah Anda yang terlibat oleh capsaicin, dan sensasi terbakar berkurang.

Teori kedua adalah karena capsaicin larut dalam lemak. Kandungan lemak susu melarutkannya, yang membatasi capsaicin untuk mengikat TRPV1.

Baca Juga: Mengapa Cabai Rawit Lebih Pedas Daripada Cabai Merah Biasa?

Baca Juga: Hidung Menjadi Berair Ketika Makan Pedas? Hal Inilah Penyebabnya

Baca Juga: Tidak Hanya Membangkitkan Selera, Inilah 6 Manfaat Sehat Makanan Pedas