Studi Baru: Kegiatan Minum Kopi dapat Meningkatkan Umur Panjang

By Wawan Setiawan, Jumat, 30 September 2022 | 08:00 WIB
Menurut sebuah studi baru, minum dua hingga tiga cangkir kopi sehari dikaitkan dengan umur yang lebih panjang dan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah. (Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id—Apakah Anda seorang pencinta kopi? Menurut sebuah penelitian baru, minum dua hingga tiga cangkir kopi sehari dikaitkan dengan umur yang lebih panjang dan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah dibandingkan dengan menghindari kopi.

Hasil studi ini telah diterbitkan pada 27 September di jurnal European Journal of Preventive Cardiology, sebuah jurnal ESC (European Society of Cardiology).

European Society of Cardiology menyatukan para profesional perawatan kesehatan dari lebih dari 150 negara. Mereka bekerja untuk memajukan pengobatan kardiovaskular dan membantu orang menjalani hidup yang lebih lama dan lebih sehat. Temuan mereka pada kopi ini dapat diterapkan pada diterapkan pada varietas kopi yang digiling, instan, dan tanpa kafein.

"Dalam studi observasional besar ini, kopi bubuk, instan, dan tanpa kafein dikaitkan dengan pengurangan setara dalam kejadian penyakit kardiovaskular dan kematian akibat penyakit kardiovaskular atau penyebab apa pun," kata penulis studi Profesor Peter Kistler dari Baker Heart and Diabetes Research Institute, Melbourne, Australia. "Hasilnya menunjukkan bahwa asupan kopi bubuk, instan, dan tanpa kafein ringan hingga sedang harus dianggap sebagai bagian dari gaya hidup sehat."

Ada sedikit informasi tentang dampak persiapan kopi yang berbeda pada kesehatan jantung dan kelangsungan hidup. Studi ini meneliti hubungan antara jenis kopi dan insiden aritmia, penyakit kardiovaskular dan kematian. Dengan menggunakan data dari UK Biobank, yang merekrut orang dewasa berusia antara 40 dan 69 tahun, peneliti mempelajari keterkaitan kopi dan penyakit kardiovaskular. Penyakit ini terdiri dari penyakit jantung koroner, gagal jantung kongestif dan stroke iskemik.

Penelitian ini melibatkan 449.563 peserta yang bebas dari aritmia atau penyakit kardiovaskular lainnya pada awal. Usia rata-rata adalah 58 tahun dan 55,3% adalah perempuan. Peserta menyelesaikan kuesioner yang menanyakan berapa cangkir kopi yang mereka minum setiap hari dan apakah mereka biasanya minum kopi instan, bubuk (seperti cappuccino atau kopi saring), atau kopi tanpa kafein. Mereka kemudian dikelompokkan ke dalam enam kategori asupan harian, yang terdiri dari tidak ada, kurang dari satu, satu, dua hingga tiga, empat hingga lima, dan lebih dari lima cangkir per hari. Jenis kopi biasa adalah instan pada 198.062 (44,1%) peserta, digiling pada 82.575 (18,4%) peserta, dan tanpa kafein pada 68.416 (15,2%) peserta. Ada 100.510 (22,4%) peminum non-kopi yang menjadi kelompok pembanding.

Kopi dapat dinikmati kapanpun dan di manapun, jadikan ini sebagai perilaku yang menyehatkan jantung. (Bloomberg/Getty Images)

Peminum kopi akan dibandingkan dengan bukan peminum untuk kejadian aritmia, penyakit kardiovaskular dan kematian. Namun ini dilakukan setelah disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, etnis, obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, apnea tidur obstruktif, status merokok, dan konsumsi teh dan alkohol. Informasi hasil diperoleh dari catatan medis dan catatan kematian. Median tindak lanjut adalah 12,5 tahun.

Sebanyak 27.809 (6,2%) peserta meninggal selama masa tindak lanjut. Semua jenis kopi dikaitkan dengan penurunan kematian dari penyebab apa pun. Pengurangan risiko terbesar terlihat dengan dua hingga tiga cangkir per hari, yang dibandingkan dengan tidak minum kopi dikaitkan dengan kemungkinan kematian 14%, 27% dan 11% lebih rendah untuk persiapan tanpa kafein, bubuk, dan instan, masing-masing.

   

Baca Juga: Kontroversi Moralitas Kedai Kopi di Awal Kekaisaran Utsmaniyah

Baca Juga: Mengapa Seseorang Tidak Menyukai Kopi? Ternyata Karena Faktor Genetik