Profesi Pemakan Dosa, Hapus Dosa Seseorang Lewat Sepotong Roti

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 7 Oktober 2022 | 12:00 WIB
Sebuah pemakaman Welsh tahun 1814, menunjukkan kebiasaan memberikan makanan kepada sang pemakan dosa untuk menghilangkan dosa orang yang meninggal. (I. Havell )

Nationalgeographic.co.id—Di Inggris dan Skotlandia abad ke-18 dan 19, pemakan dosa adalah sebuah profesi. Pengemis, orang miskin, dan mereka yang kekurangan nutrisi mengambil jalan untuk membebaskan orang yang meninggal dari dosa-dosa mereka, dengan memakannya.

Ketika orang yang dicintai terbaring sekarat di tempat tidur, keluarga akan memanggil salah satu pemakan dosa ini pulang. Mereka akan meletakkan sepotong roti di dada mereka dan membawa segelas bir atau anggur dengan cara yang biasa.

Pemakan dosa, duduk di ujung tempat tidur, kemudian akan memakan roti dari dada orang yang meninggal atau sekarat; dia akan meminum segelas penuh cairan juga. Dengan demikian, keluarga percaya bahwa dosa kerabat mereka diserap ke dalam bahan makanan dan diambil oleh pemakan dosa. Ini, agak meragukan, memberikan jalan menuju surga.

Dari Mana Para Pemakan Dosa Berasal?

Asal usul praktik mengerikan itu tetap sulit dipahami. Yang jelas adalah bahwa itu terbatas pada abad ke-18 dan ke-19 hanya pada segmen tertentu dari Kekristenan. Pemakan dosa tidak berafiliasi dengan gereja, tetapi justru berada di bawah pengawasan mereka karena 'kejahatan' konsekuensial mereka. Karunia Penderitaan oleh Ingrid Harris menunjukkan bahwa makan dosa digunakan dalam praktik Protestan. Itu adalah upaya untuk mengisi celah yang ditinggalkan oleh sakramen pengakuan dan absolusi Katolik yang telah meninggal.

Pemakan dosa sering mendengarkan pengakuan orang yang sekarat sebelum mereka meninggal. Idenya adalah untuk memastikan bahwa dosa-dosa korban dibasuh sebelum mereka menempuh jalan transendental mereka.

Kebutuhan muncul sebagian besar ketika kematian atau penderitaan itu tiba-tiba, meninggalkan waktu untuk mencuci linen kotor mereka sendiri. Sejarawan lain menyarankan bahwa anehnya meniru kebiasaan membagikan roti di antara orang miskin setelah kematian seseorang. Beberapa percaya bahwa itu adalah pandangan yang menyimpang dari tradisi Yahudi di mana seekor kambing diterima sebagai manifestasi dari dosa-dosa almarhum, dan dilepaskan di hutan belantara selama Yom Kippur atau Hari Penebusan.

Meskipun benteng agamanya, makan dosa sebagian besar terbatas pada pawai Welsh. Itu adalah profesi sukarela, yang diambil oleh mereka yang rasa laparnya menutupi semua rasa moralitas dan kematian. Tetapi di antara penduduk desa, pemakan dosa dianggap sebagai orang yang paling rendah, mereka menjadi lebih buruk dan lebih gelap dengan setiap pekerjaan.

        

Baca Juga: Musuh Tak Kasatmata nan Mematikan: Empat Pagebluk Terburuk Dunia Kuno

Baca Juga: Mengenal Puasa Ekadashi, Jadi Penebusan Dosa Bagi Umat Hindu India

Baca Juga: Hewan-hewan Dicekik Hingga Mati Sebelum Dipersembahkan Kepada Dewa