Ganymede, Remaja Pria Tampan Kekasih Zeus yang Buat Hera Murka

By Hanny Nur Fadhilah, Jumat, 21 Oktober 2022 | 07:00 WIB
Ganymede diangkat ke Olympus oleh Zeus dan menjadi juru minumannya. ()

Nationalgeographic.co.id - Ganymede atau Ganymedes adalah seorang pemuda dari Troy. Ketampanannya tak tertandingi dan karena alasan itu, Zeus menculik dan membawanya ke Olympus untuk dijadikan juru minuman dan kekasihnya. Mitos Ganymede adalah langkah penting dalam sejarah homoseksualitas. Namun ada juga sisi gelap dari cerita ini. Meskipun tidak ada sumber yang menyebutkan usia Ganymede, diasumsikan bahwa dia masih sangat muda, mungkin remaja. Akibatnya, mitos ini dapat dikaitkan dengan perjantanan Yunani kuno.

Mitos Ganymede sangat populer di kalangan orang Yunani dan Romawi. Penyebutan Ganymede pertama yang tercatat ditemukan dalam Iliad karya Homer yang berasal dari abad ke-8 SM. Sumber penting lainnya termasuk Hesiod, Pindar, Euripides, Apollodorus, Virgil, dan Ovid.

Menurut Homer, Pindar, dan Apollodorus, Ganymede adalah putra Tros dan Callirhoe. Namun, Euripides dan Cicero, menulis bahwa dia adalah putra Laomedon sementara ada lagi yang kemudian menyebutkan bahwa dia adalah putra Ilus. Ini bukan satu-satunya ketidaksepakatan di antara sumber-sumber kuno. Para penulis kuno tampaknya telah mengadopsi berbagai tradisi mitos Ganymede yang merupakan fenomena yang cukup umum dengan Mitologi Yunani. Tampaknya orang Yunani menikmati menceritakan kembali mitos dengan alur cerita yang sedikit diubah, sebuah praktik yang mendorong semangat kreatif yang diekspresikan melalui teater kuno.

Ganymede adalah seorang penggembala sapi dari kota Troy. Meskipun tidak ada sumber yang menyebutkan usianya, ketampannya, tetapi digambarkan bahwa Ganymede rupanya begitu agung, begitu seperti dewa (dalam bahasa Yunani, antitheos) seperti yang dikatakan Homer dan Hesiod, bahkan para dewa sendiri tidak dapat melawannya.

Pemerkosaan Ganymede

Secara khusus, Zeus, tersangka dari hampir setiap mitos Yunani yang berhubungan dengan rayuan dan pemerkosaan, memutuskan bahwa Ganymede terlalu sempurna untuk berjalan di bumi.

Zeus mengubah dirinya menjadi elang dan menculik Ganymede yang tidak terduga yang dibawa ke Olympus. Di sana, Zeus memberinya tawaran untuk menjadi juru minumannya yaitu menuangkan minuman suci yang disebut nektar, ke dalam cangkir Zeus dan para dewa lainnya.

Pekerjaan itu tidak datang tanpa manfaat. Zeus juga menawarkan untuk membuat Ganymede abadi, diberkati dengan pemuda abadi, melayani dalam perjamuan para dewa selamanya.

Jika kita memikirkan kembali mitos Ganymede hingga saat ini, kita akan menyadari bahwa dia menghilang dari bumi diculik oleh seekor elang, tanpa peringatan atau jejak. Orang tuanya pasti sangat khawatir. Menurut Himne Homer Untuk Aphrodite:

“Tapi kesedihan yang tidak bisa ditenangkan memenuhi hati Tros; karena dia tidak tahu ke mana angin puyuh yang dikirim oleh surga telah menangkap putranya yang tersayang, sehingga dia selalu meratapinya, tanpa henti, sampai Zeus mengasihani dia dan memberinya kuda-kuda yang dapat dilontarkan seperti membawa yang abadi sebagai balasan untuk putranya. Ini dia memberinya sebagai hadiah. Dan atas perintah Zeus, Pemandu, pembunuh Argus, menceritakan semuanya kepadanya, dan bagaimana putranya akan abadi dan tidak menua, bahkan seperti para dewa.”

Menurut Himne, Zeus berhati-hati untuk memberi tahu ayah Ganymede bahwa putranya sekarang berjalan di antara para dewa yang diberkati dengan karunia keabadian. Tetap saja, sang dewa mengerti bahwa dia harus menawarkan sesuatu sebagai kompensasi untuk mengambil putranya dari keluarga. Meskipun kutipan di atas, disebutkan bahwa Zeus memberi ayah Ganymede dua kuda dengan keindahan yang tak tertandingi, sumber lain menyebutkan Zeus memberikan pohon anggur emas.

 Baca Juga: Kisah Dewa Waktu Cronus Memakan Lima Anaknya dalam Mitologi Yunani