Berasal dari Asia Tenggara, Sejak Kapan Manusia Menanam Pisang?

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 15 Oktober 2022 | 07:00 WIB
Peta Pulau Guinea Baru dan sebaran varietas pisang. (Julie Sardos / NARI)

Nationalgeographic.co.id — Pisang di zaman sekarang telah menjadi salah satu buah favorit yang dikonsumsi banyak orang. Varietas-varietas pisang terbaik bahkan telah dibudidayakan di banyak belahan dunia. Namun sebenarnya, sejak kapan manusia mulai membudidayakan pisang?

Penelitian baru yang dipimpin oleh organisasi penelitian untuk pengembangan global Bioversity International menegaskan bahwa genom varietas pisang yang dibudidayakan saat ini mengandung jejak tiga nenek moyang tambahan, yang belum diketahui.

Pisang (genus Musa) adalah tanaman yang diperbanyak secara vegetatif yang berasal dari wilayah Asia Tenggara dan atau Oseania yang luas.

Seperti diketahui, domestikasi memiliki tempat khusus dalam lintasan panjang evolusi tumbuhan yang berlangsung selama ratusan juta tahun. Domestikasi memang telah muncul dalam 12.000 tahun terakhir sebagai hasil dari interaksi ko-evolusi antara tanaman dan populasi manusia.

Sejarah evolusi baru-baru ini—berkaitan dengan kehidupan tanaman di bumi, menghasilkan perubahan fenotipik besar pada tanaman dan telah memesona para ahli biologi sejak awal awal studi evolusi.

Pisang didomestikasi dari sekelompok empat nenek moyang. Baik subspesies pisang liar Musa acuminata, atau spesies yang berbeda tetapi terkait erat, lebih dari 7.000 tahun yang lalu, kemungkinan di pulau Papua atau Nugini.

Musa acuminata tampaknya telah berevolusi di perbatasan utara antara India dan Myanmar, dan telah ada di seluruh Australasia sekitar 10 juta tahun sebelum pertama kali didomestikasi.

Komplikasi lebih lanjut adalah bahwa varietas yang didomestikasi dapat memiliki dua (diploid), tiga (triploid), atau empat (tetraploid) salinan dari setiap kromosom, dan banyak juga yang diturunkan dari spesies liar Musa balbisiana.

Studi skala kecil baru-baru ini menunjukkan bahwa bahkan skenario yang sudah rumit ini mungkin bukan keseluruhan cerita, dan nenek moyang lebih lanjut yang terkait dengan Musa acuminata mungkin terlibat dalam domestikasi.

Hasil penelitian baru ini tidak hanya mengonfirmasi bahwa memang demikian, mereka juga menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa kumpulan gen ini umum dalam genom pisang peliharaan.

Pisang Cavendish, salah satu varietas populer saat ini. (Steve Hopson)

"Kami menunjukkan bahwa sebagian besar pisang budi daya diploid saat ini yang berasal dari pisang liar Musa acuminata adalah hibrida antara subspesies yang berbeda," kata Julie Sardos, peneliti di Bioversity International dan CIAT.