Selidik Aula Tempat Pesta Raja-Raja Anglo Saxon 1.400 Tahun yang Lalu

By Ricky Jenihansen, Minggu, 16 Oktober 2022 | 15:00 WIB
Situs arkeologi di Rendlesham terdiri dari kompleks kerajaan dari abad keenam dan ketujuh Masehi yang ditambahkan ke pemukiman Anglo-Saxon yang lebih besar yang didirikan pada abad kelima. (Suffolk County Council )

Nationalgeographic.co.id — Para arkeolog telah menemukan sisa-sisa aula yang rumit di timur Inggris. Aula tersebut pernah digunakan untuk pesta oleh raja-raja dan prajurit Anglo-Saxon sekitar 1.400 tahun yang lalu.

Sisa-sisa aula kerajaan itu berada di dekat desa Rendlesham di Suffolk, sekitar 70 mil (110 kilometer) timur laut London, hanya beberapa kilometer di utara pemakaman kapal Anglo-Saxon yang terkenal di Sutton Hoo dan beberapa mil di selatan tempat lain pemakaman kapal di dekat desa Snape.

Para arkeolog berpikir baik penguburan Sutton Hoo dan Snape adalah kuburan penguasa yang pernah tinggal di Rendlesham selama masa pemerintahan masing-masing, antara sekitar tahun 570 dan 720 M.

"Ini adalah pemakaman raja individu yang akan tinggal di Rendlesham selama sekitar 150 tahun," Faye Minter, petugas arkeologi senior untuk Dewan Kabupaten Suffolk, mengatakan kepada Live Science.

"Ini adalah kediaman kerajaan, tetapi raja-raja berpindah, mereka tidak hanya tinggal di satu tempat," katanya. "Jadi, kemungkinan besar, pada suatu saat, raja-raja East Anglia akan tinggal atau tinggal di Rendlesham."

Minter memimpin penggalian aula terbesar di kompleks kerajaan di situs tersebut, yang meliputi area seluas sekitar 15 hektar. Fondasinya menunjukkan bahwa itu adalah bangunan kayu berukuran panjang sekitar 75 kaki (23 m) dan lebar 33 kaki (10 m).

Siapa pun yang membangun kompleks, membangunnya di atas tanah yang ditinggikan dan mengelilinginya dengan parit batas.

Kemungkinan pernah ada hingga 10 aula di kompleks untuk raja dan pengiringnya yang terdiri dari ratusan orang, tetapi hanya aula terbesar yang telah dikonfirmasi oleh penggalian terbaru.

Para arkeolog telah bekerja di situs Rendlesham sejak 2008, dan penggalian baru-baru ini adalah bagian dari proyek Rendlesham Revealed, yang mencakup pekerjaan ratusan sukarelawan dari komunitas lokal.

Penggalian musim panas ini mengungkapkan fondasi aula kayu besar di kompleks kerajaan yang akan digunakan untuk tempat tinggal dan pesta oleh raja-raja Anglo-Saxon dan prajurit mereka. (Suffolk County Council )

Pemukiman Anglo-SaxonKompleks kerajaan di Rendlesham adalah bagian dari pemukiman yang lebih besar yang didirikan pada abad kelima M, segera setelah tanggal tradisional dimulainya invasi Anglo-Saxon ke Inggris, dari sekitar tahun 450 M.

"Pemukiman keseluruhan berukuran sekitar 50 hektar, tetapi dari akhir abad keenam, Anda mendapatkan area tertentu (dari kompleks kerajaan) di dalam pemukiman yang lebih besar," kata Minter. "Jadi mereka menempatkan kediaman kerajaan di dalam pemukiman Anglo-Saxon yang sudah penting secara lokal."