Bela Diri Pencak dari Sarekat Islam, Lahir Untuk Melawan Penjajahan

By Galih Pranata, Senin, 24 Oktober 2022 | 07:00 WIB
Peringatan setahun lahirnya Pencak Organisasi (PO). Imam Soedja’i duduk di tengah, mengenakan jas dan berdasi. (Arsip Digital Pencak Organisasi)

Nationalgeographic.co.id—Bela diri dahulu jadi alat untuk memperjuangkan azas perlawanan atas penjajahan. Sebut saja Pencak Organisasi (PO) yang lahir dari semangat perlawanan rakyat di Lumajang, Jawa Timur.

Mayjen Raden Imam Soedja’i merupakan ketua Sarekat Islam di Lumajang yang menjabat sekitar tahun 1925. Ia merupakan tokoh penting yang melestarikan seni bela diri pencak silat di sana.

Merupakan anak dari keluarga berada, ayahnya seorang ambtenaarpegawai sipil Hindia Belanda—ia dapat mengenyam pendidikan di sekolah Belanda, Holland Inlandsche School (HIS).

Imam Soedja’i mendapatkan ilmu pencak silat dengan mengembara ke daerah-daerah dan menekuni ilmu pencak dari Eyang Kusumo yang juga keluarga besarnya bermukim di Bandung. Silat pada akhirnya berkembang pesat di Lumajang.

Dari sekian banyak perguruan silat di Lumajang, Imam Soedja'i memiliki gagasan gemilang. "Bermacam perguruan pencak silat tersebut disatukan oleh organisasi pergerakan yakni Partai Sarekat Islam Lumajang," tulis Dimas Dwi Novian dan Artono.

Mereka menulisnya dalam jurnal Avatara berjudul "Perkembangan Perguruan Silat Seni Beladiri Pencak Organisasi (PO) di Kabupaten Tuban Tahun 1990 – 2021" yang diterbitkan pada tahun 2022.

Sarekat Islam di Lumajang secara resmi mendirikan suatu organisasi perguruan silat yang bernama “Pencak Organisasi (PO)”, diresmikan pada tanggal 1 Agustus 1927.

Gagasan untuk melahirkan Pencak Organisasi barangkali lahir karena pergaulannya dengan tokoh-tokoh nasionalis bangsa, sebut saja Soekarno hingga Tjokroaminoto. Ia kemudian merintis semangat perjuangan dari persatuan perguruan silat.

"Seiring berjalannya waktu, Pencak Organisasi berkembang di berbagai daerah di Indonesia, satu diantaranya ialah Kabupaten Tuban," tambahnya.

 Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Kho Ping Hoo, Maestro Cerita Silat Indonesia

 Baca Juga: Bejing Memiliki Legenda Kungfu Jet Li, Siapa Legenda Silat Tangerang?

 Baca Juga: Kekuatan Para Pemain Debus di Indonesia: Setara dengan Paku dan Parang