Intip Alat Pendingin Mesir Kuno, Dari Pot Tanah Liat Hingga Lumpur

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 22 Oktober 2022 | 10:00 WIB
Pembuat batu bata dari makam Rekhmire, 1479–1425 SM. (The Metropolitan Museum of Art)

Nationalgeographic.co.id - Apa yang terlintas di benak Anda ketika memikirkan bangunan yang dibangun oleh orang Mesir kuno? Mungkin memunculkan piramida atau kuil batu besar para dewa. Meskipun ini adalah struktur arsitektur yang paling jelas, mereka hanyalah rumah abadi orang mati dan para dewa. 

Manusia, termasuk semua raja, tinggal di bangunan yang jauh lebih fana—rumah yang terbuat dari batu bata lumpur yang tidak dibakar. Meskipun mungkin tampak sederhana, rumah-rumah ini terbuat dari bahan dan dirancang sedemikian rupa sehingga membuat orang Mesir kuno tetap sejuk tanpa AC selama ribuan tahun.

Mesir Kuno dan Arsitektur Domestik

Minat situs arkeologi domestik di Mesir telah meningkat dari waktu ke waktu. Beberapa yang paling terkenal adalah Deir el-Medina, tempat orang-orang yang membangun makam di Lembah para Raja tinggal dan Tell el-Amarna, di mana bahkan Firaun Akhenaten tinggal di istana bata lumpur. Dari periode Yunani-Romawi, desa Karanis terpelihara dengan baik.

Rumah-rumah bersejarah Kairo yang diawetkan telah menerima lebih banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir dan juga menunjukkan banyak elemen yang sama yang ditemukan pada para pendahulu Firaun mereka. Baru-baru ini dua dekade yang lalu, jika Anda bepergian dengan kereta api melalui Mesir Hulu, Anda akan melihat rumah yang terbuat dari bahan yang sama seperti yang dibuat pada zaman kuno, bata lumpur yang tidak dibakar.

Pendingin Ruangan Melalui Bangunan yang Terbuat dari Lumpur

Lumpur mungkin tampak seperti bahan yang sangat buruk untuk dibangun, tetapi lumpur menawarkan sejumlah keuntungan karena lingkungan dan iklim Mesir. Itu sudah tersedia, karena setiap tahun, ketika Sungai Nil membanjiri tepiannya, lumpur baru terbentuk yang bisa diubah menjadi batu bata. Kayu, di sisi lain, relatif langka dan hanya disediakan untuk elemen seperti pintu dan atap.

Orang Mesir kuno membangun rumah-rumah ini dari lumpur yang dicampur dengan pasir dan semacam sekam seperti jerami. Mereka mencampur lumpur dengan kaki mereka dan membentuk batu bata dalam bingkai kayu. Setelah mereka menjemur batu bata di bawah sinar matahari, mereka akan menumpuk batu bata kering berlapis-lapis, satu di atas yang lain. Kemudian mereka menyebarkan lapisan-lapisan campuran lumpur yang sama di antara lapisan-lapisan itu untuk menyatukannya. Untuk melindungi batu bata dan memberikan permukaan yang halus, dinding biasanya diplester dengan campuran lumpur dan sekam, dan mungkin dicat dengan kapur.

 Baca Juga: Apakah sejak Dulu hingga Sekarang Wilayah Mesir adalah Gurun?

 Baca Juga: Mengapa Pria Mesir Kuno Menggunakan Riasan Mata? Ini Alasannya

Iklim Mesir saat ini kira-kira sama dengan di Mesir kuno. Hampir sepanjang tahun, cuaca sangat kering dan panas. Kelembaban yang rendah seiring dengan kurangnya hujan, membuat rumah-rumah dari lumpur dapat bertahan dalam ujian waktu. Selain itu, lumpur adalah penghantar panas yang buruk, jadi selama rumah tetap tertutup selama hari yang lebih panas, itu tidak terlalu terpengaruh oleh cuaca panas di luar. Demikian juga, di musim dingin, rumah bata lumpur lebih hangat.

Orang Mesir Kuno dan Penangkap Angin