Satu Kereta Orient Express Legendaris Bakal Beroperasi Tahun 2025

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Kamis, 27 Oktober 2022 | 13:00 WIB
Suasana gerbong makan Nostalgie-Istanbil-Orient Express yang akan beroperasi 2025 mendatang. (Maxime d'Angeac/Orient Express Accor)

Nationalgeographic.co.id - Anda mungkin pernah membayangkan bagaimana rasanya menjadi kalangan elite paruh akhir abad ke-19, atau awal abad ke-20. Pada masa itu, pengembangan teknologi sedang pesat-pesatnya dibanding masa sebelumnya, terutama soal transportasi.

Tahun 1883, kereta Orient Express muncul di Eropa. Kereta api ini menghubungkan negara-negara Eropa dari Inggris dan Prancis hingga Kesultanan Ottoman. Proyek ini dipimpin oleh insinyur Belgia Georges Nagelmackers yang juga pendiri perusahaan Compagnie Internationale des Wagons-Lits.

Di dalam Orient Express ada banyak fasilitas mewah. Kabin menginapnya dibuat dengan bergaya glamor yang membuat harga per kamarnya juga mahal. Makanan yang disajikan pun tidak main-main seperti riam, sup pasta Italia, ayam chasseur, beef tenderloin, anggur Bordeaux dan Burgundy, sampanye Prancis, salad, dan berbagai kue kering.

Dia punya cita-cita untuk membuat Eropa bersatu. Sayangnya, keinginannya sirna karena Eropa pernah bergejolak oleh Perang Dunia I tahun 1914. Konflik politik dan militerisme negara-negara di Eropa, membuat Orient Express berhenti dan kembali 1918.

Perlahan-lahan, ada beberapa jenis kereta yang membelah Eropa dengan membawa nama Orient Express. Beberapa di antaranya ada Simplon Orient Express yang beroperasi sejak 1919. Kereta ini adalah yang melatari kisah fiksi karya Agatha Christie "Murder on the Orient Express".

Baca Juga: Orient Express, Kereta Api Legendaris Membelah Eropa Paris-Istanbul

Baca Juga: Trayek Semarang-Vorstenlanden Awal Sejarah Kereta Api Hindia Belanda

Baca Juga: Jalur Kereta Trans-Iran, Menghidupkan Kembali Pariwisata Usai Isolasi

Baca Juga: Jeritan Bocah Juned, Dua Belas Jam Tergencet Kereta Api Bintaro

Akan tetapi, perang demi perang terjadi lagi yaitu Perang Dunia II. Perubahan dan revolusi di negara-negara Eropa membuat beberapa Orient Express tersendat. Beberapa dari jenis rute kereta api Orient Express pun yang umurnya masih muda dalam pengoperasiannya, harus berhenti.

Hampir semua layanan Orient Express berakhir lewat kereta api keberangkatan Paris menuju Istanbul tanggal 20 Mei 1977. Kereta api mewah itu adalah milik Direct Orient Express.

Namun, baru-baru ini kehidupan glamor lewat kereta api Orient Express itu akan hadir kembali di tahun 2025. Melansir Travel + Leisure, kereta api Orient Express yang akan beroperasi adalah milik grup perhotelan Accor dengan gaya mewah nan legendaris dari masa lalu.