Profesi Mesir Kuno dari Penulis hingga Pengrajin, Serupa di Era Modern

By Hanny Nur Fadhilah, Minggu, 30 Oktober 2022 | 16:00 WIB
Selain membantu di ladang, wanita Mesir bekerja sebagai ahli kecantikan, penata rambut, perawat rumah tangga, penenun keranjang, penyanyi, penari, atau musisi. (Public domain)

Nationalgeographic.co.id - Kelas pekerja di Mesir kuno memiliki banyak pilihan karier. Beberapa pekerjaan adalah yang paling didambakan, dan beberapa dianggap sangat berbahaya. Menariknya, wanita unggul baik dalam pekerjaan yang tidak dibayar maupun yang dibayar. Apa saja profesi itu?

Penggalian

Pertambangan dan penggalian adalah pekerjaan penting dan berbahaya di Mesir kuno. Orang Mesir menambang emas, perak, tembaga, dan timah. Banyak dari tambang berada di bawah tanah, sehingga para pekerja harus berbaring tengkurap, menghirup semua debu, dengan bahaya dihancurkan sampai mati, dengan kecelakaan dan kematian yang sangat umum. Penjahat dan tahanan yang dihukum dipekerjakan di tambang karena bahaya yang ditimbulkan oleh pekerjaan itu. 

Juru Tulis

Sebagai orang Mesir yang berpendidikan, seseorang akan mencari pekerjaan sebagai juru tulis. Pekerjaan yang dilakukan seseorang setelah lulus tergantung pada tingkat literasi yang dicapai. Dengan lebih banyak pengalaman, juru tulis dapat menulis dikte atau mendapatkan kesempatan untuk menulis komposisi mereka sendiri.

Juru tulis terutama menggunakan skrip hieratik, yang merupakan bentuk kursif dari hieroglif yang ditemukan sekitar 2500 SM. Sebagai juru tulis, seseorang menikmati status tinggi dalam masyarakat Mesir, memiliki dewa penting mereka sendiri yang disebut Thoth atau dewa penulisan yang digambarkan sebagai ibis atau sebagai pria berkepala ibis.

Menjadi juru tulis menawarkan peluang lebih baik, karena kemampuan menulis merupakan prasyarat penting untuk mendapatkan pekerjaan yang sangat didambakan sebagai insinyur di proyek pembangunan bergengsi. Akan tetapi agar memenuhi syarat untuk itu, gelar dalam matematika atau setara Mesir kuno diperlukan.

Mereka harus menyuap untuk mendapatkan jabatan yang dibayar dengan baik. Tidak heran, seorang ayah Mesir menulis kepada putranya, “Aku akan membuatmu mencintai buku lebih dari ibumu.” Meskipun juru tulis bekerja untuk Firaun sebagai pegawai pemerintah, mereka juga dapat menawarkan jasa kepada beberapa pengusaha buta huruf, yang mempekerjakan mereka untuk melacak rekening mereka atau menangani korespondensi.

Prospek di Angkatan Darat

Pekerjaan lain dengan prospek karir yang baik adalah layanan di tentara Mesir. Pekerjaan terbaik adalah sebagai pemanah; busur dan anak panah adalah senjata paling efektif dalam perang yang diperjuangkan orang Mesir, sehingga pemanah dianggap sebagai pejuang elite. Para pejuang elite dihadiahi pada akhir layanan mereka dengan sebidang tanah, dan budak untuk mengerjakan tanah itu. Karier di militer juga menawarkan kesempatan promosi.

 Baca Juga: Profesi dan Pekerjaan Aneh yang Dilakukan oleh Orang di Masa Lalu

 Baca Juga: Inilah Pekerjaan yang Paling Banyak Peminatnya pada Abad Pertengahan