Kenaikan Air Laut Pesisir Jawa Lebih Tinggi daripada Rata-Rata Global

By Utomo Priyambodo, Senin, 31 Oktober 2022 | 16:40 WIB
Ilustrasi gelombang laut tinggi. (Rosyid Aszhari/ kompas.com)

Nationalgeographic.co.id - Indonesia sebagai negara kepulauan dataran rendah sangatlah rentan diterpa gelombang laut bertinggi ekstrem. Ketika diperparah oleh gelombang panas laut, gelombang laut bertinggi eksrem ini memiliki dampak ekologis dan sosial yang lebih besar.

Tim peneliti internasional menyelidiki kenaikan permukaan air laut di sepanjang pesisir Samudra Hindia Indonesia dalam beberapa dekade terakhir. Mereka menemukan bahwa kenaikan permukaan laut antropogenik dikombinasikan dengan variabilitas iklim dekaden menyebabkan peningkatan terjadinya gelombang laut ekstrem selama tahun 2010–2017.

Kenaikan permukaan laut yang ekstrem adalah salah satu manifestasi paling penting dari perubahan iklim. Kenaikan permukaan laut global antropogenik selama abad yang lalu telah memperbesar banjir dan menyebabkan banjir dengan langit cerah atau tanpa hujan di banyak wilayah pesisir di seluruh dunia.

"Meski banyak penekanan telah ditempatkan pada kondisi ekstrem permukaan laut yang disebabkan oleh badai dan air pasang pada skala waktu harian, ekstremitas permukaan laut yang didorong oleh variabilitas iklim dan evolusinya di bawah perubahan iklim antropogenik kurang mendapat perhatian," tulis para peneliti dalam makalah studi mereka yang terbit di jurnal Nature Communications pada 27 Oktober 2022.

"Sebagai mode iklim antar-tahunan yang paling dominan, El Niño—Southern Oscillation (ENSO) memiliki dampak global terhadap iklim. Di atas Samudra Hindia tropis, El Niño (yaitu, fase positif ENSO) sering memicu gelombang panas laut yang kuat di cekungan Indonesia-Australia selama musim dingin-musim semi," papar mereka dalam laporan studi yang bertajuk "Sea level extremes and compounding marine heatwaves in coastal Indonesia."

Baca Juga: Bagaimana Perubahan Iklim Memengaruhi Air Laut dan Ekosistem?

Baca Juga: Kenaikan Permukaan Laut: Maladewa Tidak Bisa Lagi Dihuni Pada 2030

Baca Juga: Ancaman Perubahan Iklim: Kenaikan Gelombang Laut Dunia yang Mengubah Garis Pantai 

El Niño 2015–2016 memicu gelombang panas laut yang kuat dan berkepanjangan di cekungan Indonesia-Australia yang memuncak pada Maret 2016. Lalu, Indian Ocean Dipole (IOD) negatif 2016 mempertahankan gelombang panas laut selama musim panas-musim gugur boreal berikutnya.

Wilayah tepian Samudra Hindia menampung sepertiga populasi dunia. Sebagian besar populasi ini hidup di negara-negara berkembang dengan wilayah pesisir dataran rendah yang sangat rentan terhadap variabilitas dan perubahan iklim.

Indonesia adalah salah satu dari negara-negara tersebut. Negara ini terletak di pertemuan Samudra Hindia timur tropis dan Samudra Pasifik barat di dalam kolam hangat Indo-Pasifik.

Indonesia juga menjadi rumah bagi terumbu karang yang beragam. Selain itu, Indonesia juga sangat dipengaruhi oleh variabilitas iklim yang terkait dengan monsun, IOD, dan ENSO.