Menelisik Papirus Ani, Kitab Orang Mati yang Terkenal di Mesir Kuno

By Hanny Nur Fadhilah, Selasa, 1 November 2022 | 13:19 WIB
Papirus Ani, salah satu gulungan Kitab Orang Mati yang paling spektakuler. (Historical eve)

Nationalgeographic.co.id – Papirus Ani adalah salah satu versi Kitab Orang Mati atau Book of the Dead yang paling terkenal. Diyakini bahwa itu tulisan tentang dinasti kesembilan belas.

Papirus Ani menjadi penting karena jumlah babnya terbesar di antara semua teks yang telah ditemukan. Karena di dalamnya menjelaskan secara rinci tentang penghakiman Osiris, saat jiwa almarhum menghadapi penghakiman atas perilaku masa lalunya.

Dikutip Historical Eve, orang Mesir kuno sangat menghormati kematian. Mereka lebih peduli tentang akhirat daripada yang sekarang. Untuk alasan ini, mereka yang mampu membelinya, karena harganya sangat mahal, tidak ragu untuk membeli sendiri Book of the Dead.

Mereka dapat dibuat sesuai pesanan, dengan demikian menyandang nama almarhum dan sebelumnya telah memilih mantra untuk papirusnya. Di sisi lain, seri Book of the Dead juga sering terjadi, di mana ruang yang tersisa untuk menempatkan nama almarhum.

Mempertimbangkan hal ini, kita dapat menegaskan bahwa Ani adalah seseorang yang sangat relevan. Dalam teks tersebut, sudah dikatakan bahwa dia adalah seorang juru tulis, dan kenyataannya para juru tulis menikmati posisi sosial yang sangat baik pada waktu itu di Mesir kuno.

Dalam teks tersebut terungkap bahwa Ani adalah "juru tulis kerajaan sejati dan administrator persembahan Ilahi dari semua dewa, Gubernur lumbung para penguasa Abydos dan juru tulis persembahan Ilahi para Dewa Thebes, dan  juga Kekasih penguasa utara dan selatan.”

Semua ini membuat kita melihat bahwa Ani adalah seorang berpangkat tinggi dan bahwa posisinya memungkinkan dia untuk membayar buku yang begitu rumit.

Ahli Mesir Kuno percaya bahwa buku itu ditulis oleh tiga juru tulis yang berbeda. Pernyataan ini muncul karena tiga ejaan yang sangat berbeda dapat diidentifikasi, meskipun benar bahwa mereka berasal dari sekolah yang sama dan salah satunya menonjol di atas dua lainnya.

Pada kesempatan ini, teks disesuaikan dengan gambar, seperti terlihat pada perubahan tanda, pengulangan bab, dan penghilangan lainnya. Ini tidak biasa untuk jenis buku ini.

Buku itu sendiri tidak lebih dari panduan sempurna tentang langkah-langkah yang harus diikuti sebagai panduan untuk Bahaya Jalan Menuju Penghakiman dengan Osiris. Dengan demikian, buku ini akan disebut buku kebangkitan abadi.

 Baca Juga: Papirus Erotis Turin, Majalah Pria Pertama di Dunia dari Mesir Kuno

 Baca Juga: Temuan Buku Catatan Peradaban Mesir Kuno, Bagaimana Bentuknya?