Senyum Terbukti dapat Membuat Seseorang Merasa Lebih Bahagia

By Ricky Jenihansen, Rabu, 2 November 2022 | 11:00 WIB
Wanita muslim Asia tertangkap kamera di pasar tradisional di pagi hari tersenyum dengan emosi positif. (Edwin Tan/Getty Images)

Nationalgeographic.co.id - Seperti disarankan dalam literatur Islam, selain berpahala, senyum adalah ibadah yang paling mudah dilakukan dan dianjurkan untuk dilakukan dalam setiap kesempatan. Sekarang, studi baru ilmuwan Australia, mengungkapkan, tidak hanya berpahala, senyuman ternyata dapat mengubah suasana dan membuat lebih bahagia.

Penelitian baru tersebut telah mereka terbitkan di jurnal terkemuka Nature Human Behaviour. Makalah tersebut bisa didapatkan secara daring dengan judul "A multi-lab test of the facial feedback hypothesis by the Many Smiles Collaboration."

Penelitian tersebut dipimpin oleh Stanford University, dan dilakukan dengan Florida State University dan University of South Australia. Para peneliti menemukan bahwa dengan berpose, menggunakan otot-otot wajah kita dalam senyuman kita bisa merasa lebih bahagia.

Bekerja dengan tim kolaborator internasional, penelitian ini menilai apakah pengalaman subjektif emosi seseorang dapat dipengaruhi oleh ekspresi wajah mereka.

Mereka mengumpulkan data dari 3.878 peserta di 19 negara, penelitian ini menemukan peningkatan kebahagiaan yang nyata dari orang-orang yang meniru foto tersenyum atau mendekatkan mulut (menarik sudut bibir) ke telinga.

Peneliti University of South Australia, Fernando Marmolejo-Ramos mengatakan ini adalah temuan yang tepat saat dunia menuju tahun keempat pandemi COVID-19.

"Tidak diragukan lagi bahwa dunia sedang berjuang di tengah pandemi saat ini. Sementara individu secara alami merespons secara berbeda terhadap situasi yang merugikan, sangat menggembirakan untuk berpikir bahwa kita dapat mengubah emosi kita hanya dengan memasang wajah bahagia," kata Marmolejo-Ramos.

"Konsep dapat mempengaruhi emosi kita hanya dengan menggerakkan otot-otot wajah kita telah lama diperdebatkan oleh para peneliti, tetapi sampai sekarang, tidak ada tes atau teori yang disepakati secara global."

Telah lama diyakini, bahwa kita memang bisa merasa sedikit lebih bahagia jika kita tersenyum. Atau kita bisa mendapatkan suasana hati yang lebih serius jika kita cemberut. Akan tetapi psikolog sebenarnya tidak setuju tentang ide ini selama lebih dari 100 tahun.

Ilustrasi tersenyum. (happy8790/Getty Images/iStockphoto)

Ketidaksepakatan tersebut, menjadi lebih jelas pada tahun 2016 ketika 17 tim peneliti gagal mereplikasi eksperimen terkenal yang menunjukkan bahwa tersenyum dapat membuat merasa lebih bahagia.

Namun, para ahli tidak hanya fokus pada hasil dari satu studi itu saja. Psikolog sebenarnya telah menguji ide tersebut sejak awal 1970-an dan mereka ingin melihat semua buktinya.