Dunia Hewan: Ornitologis Menemukan Spesies Baru Burung Hantu di Afrika

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 5 November 2022 | 11:25 WIB
Spesies yang baru dideskripsikan, bernama Principe scops-owl (Otus bikegila). (Paul van Giersbergen)

Nationalgeographic.co.id — Spesies baru burung hantu dari genus Otus dilaporkan telah ditemukan ahli ornitologi. Spesies baru tersebut menghuni hutan Pulau Príncipe, bagian dari Republik Demokratik São Tomé dan Príncipe di Afrika.

Temuan ini dijelaskan dalam dua makalah, yaitu jurnal ZooKeys dan jurnal Bird Conservation International. Makalah tersebut bisa didapatkan secara daring dengan judul "A new species of scops-owl (Aves, Strigiformes, Strigidae, Otus) from Príncipe Island (Gulf of Guinea, Africa) and novel insights into the systematic affinities within Otus."

Untuk diketahui, Otus adalah genus burung hantu dalam keluarga Strigidae yang terbatas di Dunia Lama. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1769 oleh naturalis Welsh Thomas Pennant, ini adalah genus burung hantu terbesar dengan lebih dari 50 spesies.

Anggota genus umumnya memiliki warna kecoklatan, kadang-kadang dengan bagian bawah dan/atau muka yang lebih terang, yang membantu menyamarkan mereka dengan kulit pohon. Beberapa spesies polimorfik, berwarna keabu-abuan dan coklat kemerahan.

Burung-burung ini kecil, dengan kedua jenis kelamin yang kompak dalam ukuran dan bentuk. Betina biasanya lebih besar dari jantan.

"Penemuan spesies burung baru selalu merupakan kesempatan untuk merayakan dan kesempatan untuk menjangkau masyarakat umum tentang keanekaragaman hayati," kata penulis utama Martim Melo dari CIBIO dan Universidade do Porto dan rekan-rekannya.

Medan yang sulit dari hutan selatan Pulau Príncipe yang tidak berpenghuni, rumah bagi Príncipe Scops-Owl. (Alexandre Vaz)

"Di zaman kepunahan yang didorong oleh manusia ini, upaya global yang besar harus dilakukan untuk mendokumentasikan apa yang mungkin tidak akan ada lagi."

Menurutnya, burung kemungkinan merupakan kelompok hewan yang paling baik dipelajari. Dengan demikian, penemuan spesies burung baru di abad ke-21 menggarisbawahi aktualitas eksplorasi berbasis lapangan.

Tujuannya untuk menggambarkan keanekaragaman hayati, dan bagaimana upaya yang didorong oleh rasa ingin tahu seperti itu lebih mungkin berhasil jika digabungkan dengan pengetahuan ekologi lokal, partisipasi naturalis amatir yang tajam, dan ketekunan.

 Baca Juga: Miosurnia diurna, Burung Hantu Purba yang Aktif di Siang Hari

 Baca Juga: Hilang 125 Tahun, Burung Hantu Bermata Oranye Terlihat Lagi di Borneo