Balas Dendam Memakan Kepiting Hidup yang Berujung Malapetaka

By Utomo Priyambodo, Selasa, 8 November 2022 | 07:00 WIB
Kepiting Dungeness, salah satu spesies yang mulai terancam kelangsungan hidupnya. (Unsplash/CC0 Public Domain)

Nationalgeographic.co.id—Tampaknya benar perkataan orang bijak bahwa perbuatan balas dendam justru akan mencelakan diri sendiri. Bahkan jika balas dendam itu dilakukan kepada hewan.

Hal itu contohnya dialami oleh seorang pria di Tiongkok. Dia jatuh sakit parah setelah memakan kepiting hidup sebagai tindakan balas dendam setelah hewan krustasea itu mencapit anaknya yang masih kecil.

Pria 39 tahun bernama Lu itu marah setelah seekor kepiting kecil menyerang putrinya dan memutuskan untuk membalas dendam pada makhluk itu dengan menelannya hidup-hidup. Dua bulan setelah memakan kepiting hidup, pria dari Zhejiang di Tiongkok timur itu kemudian pergi ke rumah sakit dengan sakit punggung yang serius.

Hasil pemeriksaan awal menunjukkan adanya perubahan patologi di dada, perut, hati, dan sistem pencernaan pria tersebut. Namun, tim dokter belum bisa mengidentifikasi penyebab pastinya. Barulah setelah istri Lu mengingat kejadian sang suami makan kepiting hidup dua bulan sebelumnya, tim dokter akhirnya bisa menemukan sumber rasa sakitnya.

“Kami berulang kali bertanya apakah dia pernah makan buruan, atau sesuatu yang tidak biasa, apa pun yang bisa menyebabkan alergi. Dia mengatakan tidak untuk semua itu,” kata dokter Cao Qian, direktur departemen sistem pencernaan di Rumah Sakit Sir Run Run Shaw di Hangzhou, seperti dikutip dari South China Morning Post.

Setelah istrinya menyebutkan kejadian itu, Lu baru mengaku kepada dokter bahwa dia memang makan "sesuatu yang istimewa" tersebut.

"Saya bertanya kepadanya, 'Mengapa kamu makan kepiting hidup?' Dia berkata, 'Saya ingin membalas dendam untuk putri saya'," kata Cao.

"Dia berkata, 'Ketika kami berada di tepi sungai, putri saya dicubit oleh kepiting kecil, jadi saya marah dan memasukkannya ke mulut saya untuk membalas dendam'."

Baca Juga: Menyulap Cangkang Kepiting dan Lobster Menjadi Baterai Terbarukan

Baca Juga: Bagaimana Ilmuwan Tahu Gurita, Kepiting, Lobster Bisa Merasakan Sakit?

Baca Juga: Pro Kontra Larangan Gurita, Kepiting, dan Lobster Digoreng Hidup-Hidup 

Tes darah berikutnya menunjukkan bahwa Lu telah terinfeksi oleh setidaknya tiga parasit akibat menelan kepiting hidup itu. Dia kini telah pulih setelah menjalani perawatan, tetapi masih membutuhkan pemeriksaan lanjutan.