Studi: Anjing dan Pemiliknya Punya Kepribadian Sama, Benarkah?

By Hanny Nur Fadhilah, Sabtu, 12 November 2022 | 15:00 WIB
Ilustrasi anjing dan pemiliknya. (Akc.org)

 

Nationalgeographic.co.id—Di film-film seperti 101 Dalmatians klasik atau modern Pets lainnya, anjing tampak seperti pemiliknya. Meskipun representasi di media umum jelas dilebih-lebihkan, mungkin Anda juga telah mengamati fenomena ini dalam kehidupan sehari-hari. Lalu, benarkah bahwa anjing memiliki kepribadian yang sama dengan pemiliknya?

Dikutip Pscyhology Today, penelitian mendukung kesimpulan bahwa ada kesamaan antara anjing dan pemiliknya. Anjing, misalnya, sering menyerupai pemiliknya dalam hal panjang telinga dan panjang rambut pemiliknya. Memang benar: semakin panjang rambut pemiliknya, semakin panjang telinga floppy dari teman berbulu mereka. Jika anjing atau pemiliknya mengalami obesitas, hal ini juga sering terlihat pada individu lain. Salah satu cara untuk menguji kemiripan anjing dan pemiliknya adalah dengan tes foto. Peserta menerima foto dari anjing dan dari pemiliknya, dan mereka kemudian harus mencocokkannya. Dan ya, mereka memang dapat menemukan pasangan pemilik anjing yang tepat. Dalam sebuah penelitian, mereka dapat mencocokkan foto meskipun hanya bagian mata anjing dan pemiliknya yang ditampilkan dalam foto (Nakajima, 2015).

Anjing dan pemilik berperilaku sama

Tetapi anjing dan pemiliknya tidak hanya terlihat mirip, mereka mungkin juga mirip satu sama lain dalam cara mereka berperilaku dalam situasi tertentu, atau seperti yang disebut psikolog, dalam sifat kepribadian mereka. 

Tidak hanya bukti ilmiah untuk ciri-ciri kepribadian mirip manusia pada anjing, tetapi juga alat yang mapan untuk mengukurnya. Empat dari ciri kepribadian "lima besar" manusia juga dapat diidentifikasi pada anjing (ekstraversi, neurotisisme, keramahan, dan keterbukaan terhadap pengalaman). Hanya sifat kesadaran yang tampaknya tidak ada pada anjing. Kesamaan terkuat dapat ditemukan pada dimensi neurotisisme dan ekstraversi. Apa artinya? Tingkat stabilitas emosi dan oleh karena itu cara anjing dan pemilik bereaksi terhadap lingkungan mereka seringkali serupa. Anjing dan pemiliknya sering kali pemalu atau keduanya ramah. Dengan demikian, Anda dapat membayangkan bahwa binaragawan tersebut di atas dengan petinjunya juga membuat kesan yang sama jika mereka berdua keluar.

Mengapa anjing dan pemiliknya mirip?

Jawaban singkatnya adalah kita belum tahu secara detail. Tapi apa yang para ilmuwan setuju adalah bahwa kesamaan internal cenderung berkembang dari waktu ke waktu, sedangkan kesamaan eksternal muncul dari keputusan saat membeli hewan. Mengapa pemilik dan anjing menjadi lebih mirip dari waktu ke waktu, dapat dijelaskan dengan berbagai teori. Misalnya, kemungkinan bahwa dari waktu ke waktu dua individu dalam suatu hubungan menjadi serupa secara emosional, ini membantu untuk mengkoordinasikan pikiran dan perilaku mereka untuk menavigasi tantangan kehidupan sehari-hari.

   

Baca Juga: Saat Manusia Stres, Anjing dapat Mengetahuinya dari Bau Keringat

Baca Juga: Dunia Hewan: Bagaimana Otak Anjing Merekonstruksi Apa yang Dilihatnya?

Baca Juga: Dunia Hewan: Anjing 'Menangis' Saat Bertemu dengan Manusia Favoritnya