Pesawat Luar Angkasa Orion NASA Sedang dalam Perjalanan Menuju Bulan

By Ricky Jenihansen, Jumat, 18 November 2022 | 14:00 WIB
Sistem Peluncuran Luar Angkasa NASA yang membawa pesawat ruang angkasa Orion diluncurkan pada uji terbang Artemis I dari Launch Complex 39B di Kennedy Space Center NASA di Florida pada pukul 1:47 EST pada 16 November 2022. (NASA / Joel Kowsky)

Nationalgeographic.co.id - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan peluncuran pesawat luar angkasa Orion menuju bulan. Membawa Orion tanpa awak, Space Launch System (SLS) NASA, roket paling kuat di dunia, lepas landas pada Rabu pukul 1:47 EST dari Kennedy Space Center NASA di Florida.

Dikenal sebagai Artemis I, misi ini adalah uji terbang terintegrasi pertama dari sistem eksplorasi luar angkasa NASA: pesawat ruang angkasa Orion, roket SLS, dan sistem darat. Orion direncanakan melakukan perjalanan sekitar 25.000 km (40.000 mil) di luar Bulan dan kembali ke Bumi selama 25,5 hari.

"Sungguh pemandangan yang luar biasa melihat roket Space Launch System NASA dan pesawat ruang angkasa Orion diluncurkan bersamaan untuk pertama kalinya," kata Administrator NASA Bill Nelson.

"Tes penerbangan tanpa awak ini akan mendorong Orion ke batas dalam kerasnya ruang angkasa, membantu kita mempersiapkan eksplorasi manusia di Bulan dan, pada akhirnya, Mars."

Setelah mencapai orbit awalnya, Orion mengerahkan susunan surya dan para insinyur mulai melakukan pemeriksaan sistem pesawat ruang angkasa.

Sekitar 1,5 jam setelah terbang, mesin tingkat atas roket SLS berhasil ditembakkan selama kurang lebih 18 menit untuk memberi Orion dorongan besar yang diperlukan untuk mengirimnya keluar dari orbit Bumi dan menuju Bulan.

Pesawat luar angkasa Orion. (NASA)

Orion telah terpisah dari panggung atasnya dan berada di meluncur dengan mudah ke Bulan yang ditenagai oleh modul layanannya.

"Butuh banyak waktu untuk sampai ke sini, tapi Orion sekarang sedang dalam perjalanan ke Bulan. Peluncuran yang sukses ini berarti NASA dan mitra kami berada di jalur untuk menjelajahi lebih jauh ruang angkasa daripada sebelumnya untuk kepentingan umat manusia, ”kata Jim Free, wakil administrator asosiasi untuk Direktorat Misi Pengembangan Sistem Eksplorasi NASA.

Selama beberapa jam selanjutnya, serangkaian 10 investigasi sains kecil dan demonstrasi teknologi, yang disebut CubeSats, akan dilakukan dari sebuah cincin yang menghubungkan panggung atas ke pesawat ruang angkasa.

Menara peluncuran SLS milik NASA. (NASA)

Setiap CubeSat memiliki misinya sendiri yang berpotensi untuk mengisi kekosongan dalam pengetahuan kita tentang tata surya atau mendemonstrasikan teknologi yang dapat bermanfaat bagi rancangan misi masa depan untuk menjelajahi Bulan dan sekitarnya.