T. Rex Mungkin Lebih Besar dari Perkiraan, Beratnya Mencapai 15.000 Kg

By Ricky Jenihansen, Minggu, 20 November 2022 | 09:00 WIB
Ahli paleontologi memperkirakan bahwa T. rex terbesar mungkin memiliki berat 33.000 pon ((15.000 kilogram). (R. Mickens/AMNH)

Nationalgeographic.co.id - Studi baru dari ahli paleontologi di Canadian Museum of Nature di Ottawa, Ontario memperkirakan bahwa Tyrannosaurus rex terbesar mungkin lebih besar dari perkiraan sebelumnya. Menurut mereka, berat Tyrannosaurus rex bisa mencapai 15.000 kilogram.

Perkiraan tersebut membuatnya lebih berat daripada rata-rata bus sekolah, yang beratnya sekitar 11.000 kg. Para ilmuwan mempresentasikan temuan mereka di konferensi tahunan Society of Vertebrate Paleontology (SVP) di Toronto.

Tidak dapat disangkal bahwa Tyrannosaurus rex adalah salah satu dinosaurus terbesar dan paling jahat yang pernah hidup di planet ini. Namun seberapa besar sebenarnya dinosaurus ganas ini? Dalam penyelidikan baru ini, para peneliti berusaha menjawab pertanyaan itu.

Saat ini, T. rex terberat yang pernah tercatat adalah spesimen yang diberi nama "Scotty", yang beratnya 8.870 kg ketika masih hidup—sekitar 6,5 Volkswagen Beetles.

Menurut penelitian baru, T. rex terbesar "akan menjadi sekitar 70% lebih besar" dari Scotty, kata rekan penulis studi Jordan Mallon, seorang ilmuwan penelitian dan kepala paleobiologi di Museum Alam Kanada. "Itu hampir dua kali lipat ukuran T. rex," kata Mallon kepada Live Science.

Untuk mencapai kesimpulan penting ini, para ilmuwan pertama-tama memeriksa catatan fosil, yang menunjukkan bahwa sekitar 2,5 miliar T. rex pernah hidup di Bumi. Namun, hanya sebagian kecil—hanya 32 fosil dewasa yang pernah ditemukan, memberi para ilmuwan informasi yang terbatas untuk diambil.

Mallon dan rekan penulis David Hone, dosen senior dan wakil direktur Pendidikan di Queen Mary University of London, juga mengamati jumlah populasi dan rentang hidup rata-rata untuk membuat model T. rex sebesar mungkin. Mereka juga mempertimbangkan variasi ukuran tubuh berdasarkan dimorfisme seksual, perbedaan ukuran antara jenis kelamin hewan dalam suatu spesies.

T. rex terberat yang pernah tercatat adalah spesimen yang diberi nama (Puwadol Jaturawutthichai/Alamy Stock Photo)

"Kami akhirnya membangun dua model—satu menunjukkan dimorfisme nol dan satu lagi dengan dimorfisme yang kuat," kata Mallon.

"Jika T. rex adalah dimorfik, kami memperkirakan beratnya mencapai 53.000 pon (24.000 kg), tetapi kami menolak model itu karena jika itu benar, kami akan menemukan individu yang lebih besar sekarang."

 Baca Juga: Musim Dingin Musnahkan Reptil Non-Dino, Membuka Jalan Bagi T. Rex

 Baca Juga: Kontroversi Ilmiah, Benarkah Ada Spesies Tyrannosaurus selain T. Rex?